Manfaat Dan Khasiat Tapak Dara Untuk Kesehatan

Pernah liat tumbuhan satu ini? Kadang, orang keliru mengenalinya dengan tanaman bunga pukul empat. Tanaman tapak dara merupakan tanaman semak yang tumbuh di tempat yang agak terlindung atau terbuka. Bunganya berwarna merah keunguan dan ada yang putih. Sangat mungil dan cantik. Makanya, tapak dara biasa ditanam untuk menghiasi pekarangan-pekarangan rumah. Selain untuk menghiasi pekarangan rumah, ternyata tanaman ini berkhasiat sebagai obat untuk beberapa macam penyakit. Di bawah ini secara singkat tentang manfaat dan khasiat tapak dara untuk kesehatan.

Nama lain tapak dara

Tanaman ini memiliki nama latin Catharanthus roseus dan memiliki beberapa nama daerah, di antaranya :

Sumatera : rutu-rutu atau rumput jalang

Jawa : kembang sari cina, kembang serdadu, kembang tembaga, paku rane, tapak doro, cakar ayam, tai lentuan.

Sulawesi : Sindapor

Maluku : usia

Kandungan zat kimia tapak dara

Tanaman tapak dara memiliki beberapa kandungan zat kimia yang sangat baik untuk tubuh. Hal itu dibuktikan dengan adanya 70 macam alkaloid yang ditemukan i akar, batang, daun, dan biji tapak dara. Termasuk, 28 bi-inole alkaloid. Selain itu, tapak dara mengandung alkaloid anti kanker dan alkaloid penurun gula darah.

Manfaat dan khasiat tapak dara untuk kesehatan

Tanaman tapak dara bisa digunakan sebagai bahan untuk pengobatan tradisional. Biasanya, bagian tanaman yang dipakai adalah daunnya. Berikut di bawah ini beberapa bahan dan cara pembuatan obat dengan menggunakan tapak dara.

  • luka bakar
    • tumbuk beberapa helai daun tapak dara dengan beras hingga seperti bubur. Tempelkan pada bagian tubuh yang terkena luka bakar.
  • leukeumia
    • rebus 15 gram bunga tapak dara. Kemudian, minum air rebusan tersebut sampai sembuh.
  • rebusan daun tapak dara dapat digunakan untuk mengobati penyakit darah tinggi dan kencing manis.

Demikian sekilas tentang manfaat dan khasiat tapak dara untuk kesehatan. Mudah-mudahan, dapat berguna dan memberikan manfaat. ^_^

Tags: