Manfaat Dan Khasiat Temu Hitam Untuk Kesehatan

Mungkin, masih banyak yang masih asing tentang temu hitam ini, baik nama maupun bentuknya. Dari namanya, jelas sekali bahwa tanaman ini merupakan sejenis tumbuhsn berimpang, seperti jahe, kunyit, dll. Temu hitam (Curcuma aeruginosa) merupakan tanaman tidak berkayu yang tingginya bisa mencapai 2m. Tanaman ini dikenal juga sebagai temu erang (Melayu), koneng hideung (Sunda), temu ireng (Jawa), temu ereng (Madura), tamu leteng (Makasar), dan lotong (Bugis). Seperti kebanyakan jenis rimpang lainnya, temu hitam juga dapat digunakan sebagai campuran obat tradisional atau jamu untuk mengobati beberapa penyakit. Di bawah ini adalah beberapa manfaat dan khasiat temu hitam untuk kesehatan.

Kandungan zat kimia temu hitam

Di dalam temu hitam terkandung zat kimia yang penting untuk tubuh. Kandungan zat kimia tersebut, antara lain minyak atsiri, zat pati, damar, lemak, mineral, dan tanin.

Manfaat dan khasiat temu hitam untuk kesehatan

Temu hitam biasa digunakan sebagai obat tradisional. Berikut adalah beberapa bahan dan cara pembuatan obat untuk mengobati beberapa penyakit menggunakan temu hitam.

  • penyakit kulit
    • rimpang temu hitam sebesar ibu jari ditumbuk. Kemudian, dicampur dengan minyak kelapa dan dibentuk seperti tapal. Tempelkan tapal tersebut pada bagian yang sakit. Sebaiknya, penderita penyakit kulit juga minum air rebusan atau jamu temu hitam. Untuk membuat air rebusan temu hitam, yaitu dengan cara merebus rimpang seukuran jari telunjuk dengan segelas air hingga mendidih. Kemudian saring dan diminum selagi hangat.
  • menambah nafsu makan
    • rimpang diparut, lalu diperas. Kemudian, diminum.
  • di Indocina, temu hitam digunakan sebagai obat mulas dan peluruh angin. Di Inonesia, air rebusan temu hitam banyak digunakan untuk mengobati penyakit dalam.
Tags: