Manfaat Dan Khasiat Terung Untuk Kesehatan

Kita lebih sering menyebutnya terong. Terung, yang masih satu keluarga dengan kentang dan leunca ini berasal dari India dan Srilanka. Merupakan tanaman buah tetapi sudah sering dianggap sebagai sayuran. Tanaman ini memiliki nama latin Solanum melongena. Meski pernah dianggap sebagai tanaman beracun karena termasuk anggota Solanaceae (seperti beberapa varietas kentang dan leunca), tetapi kita masih dapat menemukan manfaat dan kesehatan terung untuk kesehatan.

Macam-macam terung

Terung memiliki bentuk dan ukuran bermacam-macam. Berikut adalah jenis-jenis terung yang biasa dibudidayakan masyarakat, antara lain :

  • terung telunjuk : dikenal dengan nama terung medan. Memiliki bentuk seperti jari telunjuk. Banyak terdapat di pulau Sumatera. Di daerah Sumatera Utara, terung ini dipakai dalam berbagai macam masakan.
  • terung Belanda : lebih populer dengan nama Tamarillo. Merupakan tanaman dataran tinggi. Tidak sesuai dengan namanya, terung ini berasal dari daerah Amazon, Amerika latin. Diperkenalkan ke Indonesia oleh orang Belanda sehingga lebih dikenal dengan nama terung Belanda.
  • terung ungu : terung yang paling populer di antara jenis terung. Terung ungu ada 2 macam, yaitu terung craigi yang berbentuk lonjong dengan panjang ±20 cm, dan terung gelatik yang berbentuk bulat kecil, bisa dimakan mentah sebagai lalap.
  • terung putih : kulitnya berwarna keputihan dan rasanya sedikit manis. Buahnya renyah dan empuk, sehingga cocok diolah menjadi manisan.
  • terung pipit : memiliki ukuran yang sangat kecil jika dibandingkan dengan terung-terung yang lain.

Kandungan gizi terung

Dua zat yang terkandung dalam terung, yaitu skopoletin dan scoporone, mampu mengurangi stres, membantu mencegah kambuhnya epilepsi. Kandungan gizi terung yang lain, sebagai berikut :

  1. energi
  2. karbohidrat
  3. gula
  4. serat
  5. lemak
  6. protein
  7. thiamin
  8. riboflavin
  9. niasin
  10. asam pantotenat
  11. vitamin B6 dan C
  12. folat
  13. kalsium
  14. magnesium
  15. zat besi
  16. kalium
  17. mangan
  18. seng
  19. fosfor

Manfaat dan khasiat terung untuk kesehatan

Rebusan akar terung telunjuk dapat digunakan untuk mengatasi asma dan rasa lelah. Tiga atau empat helai daun terung telunjuk dapat digunakan untuk membersihkan area sekitar mulut.

Terung Belanda mengandung pro vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan vitamin C yang dapat mencegah sariawan serta meningkatkan daya tahan tubuh. Terung Belanda kaya akan serat yang dapat mengatasi sembelit dan kanker. Kandungan mineralnya, seperti potasium, fosfor, dan magnesium memiliki khasiat untuk membantu pertumbuhan tulang.

Terung ungu dapat mencegah kanker. Terung ini mengandung anti oksidan yang dapat menurunkan kadar gula dan resveratrol yang dapat menurunkan resiko jantung, mencegah stroke, dan menghambat pertumbuhan tumor. Terung ungu juga kaya serat yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol serta mengandung berbagai macam vitamin B kompleks, vitamin A, C, E, K, D, B2, dan B3.

Terung putih memiliki tingkat produktifitas yang sangat tinggi dan mulai populer sebagai santapan keluarga.

Terung pipit mengandung vitamin A, C, B1, dan sedikit zat besi. Akar terung pipit dapat digunakan untuk mengobati tumit kaki yang pecah-pecah, meredakan sakit perut, penawar racun ular dan serangga, serta dapat mencuci darah dengan meminum air rebusannya.

Cara mengolah dan mengonsumsi terung yang benar

Terung memiliki banyak biji kecil yang lembut. Biji ini layak dikonsumsi, tetapi rasanya pahit karena mengandung nikotin. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengonsumsi terung, antara lain :

  • pastikan terung yang dipilih memiliki permukaan kulit yang mengilat, tidak layu, dan keras, agar semua manfaatnya didapat secara lengkap.
  • pastikan tidak mengonsumsi terung yang berbintik-bintik cokelat.
  • terung yang segar tidak terlalu lembek jika ditekan dengan jari.
  • terung mudah busuk dan pahit. Oleh karena itu, agar tahan lama, cuci terlebih dahulu terung segar, kemudian bungkus dalam kantong plastik, lalu simpan dalam lemari es.
  • biasakan untuk terlebih dahulu mencuci terung sampai bersih sebelum dimasak.
  • agar tidak berwarna hitam, setelah terung dipotong-potong, rendam dalam air.
  • jangan masak terlalu lama, karena terung akan cepat lembek dan hancur.
Tags: