MANFAAT DAN KHASIAT WORTEL, Si Kaya Vitamin A

Pemilik nama latin Daucus carota ini merupakan sayuran yang populer di penjuru dunia. Bentuknya yang panjang dan warnanya yang oranye atau merah membuat sayuran ini mudah dikenali orang. Sayuran yang disukai oleh kelinci ini dikenal kaya akan vitamin A, yang sangat baik untuk kesehatan mata. Tapi, bukan hanya itu, ternyata wortel memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat dan khasiat wortel yang lain, ada di bawah ini. 😀

Wortel merupakan tanaman umbi yang bisa dibuat aneka masakan, mulai sup, tumis, sampai sayur lodeh. Enak pula bila dimasak kari, sup krim, atau hanya direbus untuk teman makan steak.

Memilih wortel

Jika memilih wortel, pilih yang berwarna oranye segar dan tidak cacat, terutama yang pangkalnya berwarna kehijauan.Wortel yang masih muda disebut baby wortel. Biasanya seukuran jari orang dewasa, dengan panjang 6-10 cm dan diameter 1-2 cm.

Menyimpan wortel

Jika ingin menyimpan wortel, cuci bersih, kemudian tiriskan. Bungkus dengan plastik yang dilubangi di beberapa tempat. Kemudian, masukkan ke dalam kotak lemari es. Wortel akan tahan selama 1 minggu.

Manfaat dan Khasiat Wortel

  • Wortel dapat meningkatkan jumlah butir darah merah sehingga merupakan penolong terbaik terhadap hati.
  • Sup wortel murni sangat bermanfaat untuk penyembuhan perut, dan juga dapat mengatasi sembelit.
  • Vitamin A yang tinggi pada wortel berguna untuk mata, yang bukan hanya untuk membantu penglihatan pada malam hari, tetapi juga sebagai perelaksasi ketegangan mata terhadap cahaya yang terang.
  • selain itu, wortel mentah bisa membantu untuk pencegahan kanker, memperlambat proses penuaan, menyehatkan kulit, mencegah terjadinya infeksi, mencegah penyakit jantung, menurunkan kolesterol, sebagai detoks alami, juga untuk menyehatkan gigi dan gusi.

Sebagian orang menyarankan untuk meminum satu gelas jus wortel segar setiap hari, terutama pada waktu pagi. Hal itu dapat melindungi kita dari demam, flu, dan bronchitis.

Yang perlu diperhatikan, mengonsumsi wortel berlebihan ternyata bisa menimbulkan efek buruk. Minum jus wortel secara berlebihan juga dapat menyebabkan keracunan makanan. Bagi penderita diabetes dan pengidap gangguan pankreas tidak disarankan untuk mengonsumsi sayuran berwarna oranye ini karena kandungan gula yang dimiliki.

Tak hanya itu, mengonsumsi wortel terlalu sering juga dapat mengakibatkan sakit kepala disertai badan lemas. Minum jus wortel berlebihan pun bisa menyebabkan mual dan muntah.

Itulah beberapa manfaat, khasiat, dan efek samping dari wortel. Asal tidak mengonsumsinya secara berlebihan, wortel dapat memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi tubuh kita.

^_^

Tags: