Manfaat Smartphone dalam menulis artikel

Manfaat smartphone dalam menulis artikel – Semua orang di masa kini bukan hanya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya smartphone atau gadget. Bisa dikata benda yang satu ini sudah menjadi kebutuhan hidup.

Banyak seloroh beredar kalau lebih baik ketinggal istri daripada Handphone tertinggal. Menunjukkan betapa yang namanya smartphone sudah tidak mungkin dipisahkan dari manusia zaman sekarang.

Anda juga punya kan ? 1 atau 2.. atau bahkan 3 ?

Nah, bila anda seorang penulis atau blogger, tahukah anda bahwa ada beberapa fitur dan aplikasi dalam sebuah smartphone yang bisa menunjang dalam penulisan artikel.

Manfaat smartphone dalam menulis artikel

Perhatikan fitur dan aplikasi berikut yang biasa terdapat dalam sebuah smartphone

1. Notes

Aplikasi Notes adalah aplikasi standar yang selalu ada dalam sebuah smartphone. Fungsinya sederhana hanya untuk mencatat hal-hal yang tiba-tiba timbul di benak kita.

Seorang blogger atau penulis adalah jenis orang yang selalu mengalami hal seperti itu. Ide tidak pernah menunggu sampai kita siap. Ide bisa muncul bahkan ketika kita sedang berada di dalam kamar mandi atau toilet.

Disitulah fungsi aplikasi Notes (atau sejenisnya). Ketika ide sedang keluar, seorang penulis atau blogger harus segera memaksimalkan fungsi dari aplikasi ini.

Catat ide tersebut. Berapa banyakpun ide yang keluar, catat ! Jangan sia-siakan ide meskipun terdengar aneh dan absurd.

Anda bisa memilah-milah ide tersebut belakangan setelah berada dalam situasi yang memungkinkan.

Notes juga bisa dipergunakan untuk membuat outline alias kerangka artikel ketika anda sedang di jalan.

2. Recorder

Fitur/aplikasi ini jarang dipergunakan dibandingkan dengan fitur lainnya. Padahal bagi orang yang sudah memiliki mata minus atau plus, fungsinya dapat membantu.

Anda bisa memasukkan ide dalam bentuk suara. Sama persis dengan Notes tetapi dalam bentuk berbeda.

Apalagi bila tulisan yang akan dibuat membutuhkan wawancara dari narasumber, fungsi ini lebih efisien dan sangat bermanfaat. Penjelasan dari sang narasumber bisa terekam langsung dan diputar ulang ketika sedang menulis artikel

3. Kamera

Salah satu unsur yang diperhatikan bagi SEO Friendly atau tidaknya sebuah artikel di mata mesin pencari Google adalah gambar.

Seringkali seorang blogger bingung untuk mencari gambar atau foto. Banyak yang khawatir bahwa gambar yang dipakai berada di bawah copyright seseorang.

Padahal fungsi kamera bisa membantu mengurangi masalah tersebut.

Apalagi bila anda seorang travel blogger. Foto atau gambar berperan sangat vital dalam artikel anda. Tidak bisa anda menggantungkan diri dengan mencari gambar tentang tempat yang anda mau via Google.

Tentu kamera DSLR akan memberi gambar yang lebih baik tetapi ada banyak kasus kamera tersebut tidak bisa berfungsi.

Sebagai contoh, ketika anda berada di stasiun, petugas keamanan akan menghampiri anda kalau mencoba mengambil foto dengan kamera DSLR. Mereka akan meminta anda untuk meminta izin terlebih dahulu. Dalam kasus seperti ini, pemakaian fitur kamera di smartphone bisa mengurangi kerepotan tersebut karena bisa dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

Selain itu, dalam hal mencegah habisnya ide, kamera memiliki nilai lebih. Perlakukan sama seperti anda memakai Notes.

Ambil foto dari apapun yang anda nilai menarik selama anda berjalan. Sebanyak mungkin. Tidak perlu berpikir terlalu dalam apakah sebuah foto akan menarik atau tidak di tulisan.

Simpan hasil gambar anda yang tidak terpakai. Jangan di delete kecuali yang blur dan tidak jelas.

Ketika anda kehabisan ide, pandang kembali foto-foto simpanan tersebut. Cari dan kembangkan kemungkinan topik-topik dari kumpulan foto yang ada. Rasanya bila anda mempunyai puluhan foto tersimpan maka tidak akan sulit menemukan 1 atau 2 ide atau topik bagi sebuah artikel.

———

Itulah tiga aplikasi atau fitur smartphone yang dapat membantu penulis atau artikel dalam menulis artikel. Tiga fitur yang dapat membantu blogger atau penulis dalam menbuat sebuah tulisan

Tentu saja sebenarnya masih bisa disebutkan beberapa lagi manfaat smartphone dalam menulis artikel. Biasanya semakin tinggi kelas smartphone, semakin banyak fitur yang bisa dipergunakan.

Bahkan dengan smartphone keluaran terbaru, seorang blogger bahkan bisa mengupdate blog-nya saat sedang mobile alias bergerak.

Meskipun demikian, tidak berarti smartphone low end tidak berguna, karena berguna atau tidaknya akan tergantung pada manusia di belakangnya.

It is not about the gun. It is about the man behind the gun.

 

Bogor, 18 Mei 2015

 

 

 

Tags: