Manfaat TV Untuk Belajar Bahasa Inggris

Manfaat TV untuk belajar bahasa Inggris? Are you kidding (Anda sedang bercanda)?

Tidak! Sama sekali tidak. Hal ini saya pelajari ketika mempelajari bahasa Jepang di Universitas Indonesia. Pelajaran listening atau mendengarkan menggunakan pola yang memanfaatkan peralatan audio digital menggunakan jenis alat elektronik ini.

Di laboratorium bahasa berbagai universitas jurusan bahasa asing lainnya bisa disebut menggunakan cara yang tidak berbeda dengan saat kita menonton televisi.

Bedanya dengan menonton acara televisi biasa adalah di laboratorium bahasa mahasiswa menggunakan headphone dan guru atau dosen yang mengarahkan. Selebihnya, sama saja. Mahasiswa akan diajak untuk menonton sebuah film berisikan percakapan dalam kehidupan sehari-hari di negara asalnya.

Dengan headphone atau earphoneyang tersambung dengan layar televisi melalui komputer, suaranya akan terdengar di telinga mahasiswa. Dosen atau guru akan menjelaskan dan menguji apakah pendengar bisa menangkap apa yang ada didalam video atau film yang ditayangkan.

Jadi dengan menggunakan peralatan yang sama, atau bahkan minus headphone anda sudah bisa menggunakan manfaat TV untuk belajar bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.

Yang harus anda lakukan adalah langkah-langkah berikut

1. Pilih film berbahasa Inggris

Tentu karena Anda sedang belajar bahasa yang satu ini, maka film atau video yang ditayangkan harus yang menggunakan bahasa tersebut. Kalau anda menonton saluran berbahasa Indonesia, maka tidak akan ada manfaat TV untuk belajar bahasa Inggris.

2. Pilih film tanpa teks atau subtitle

Salah satu penghambat adalah adanya subtitle atau teks terjemahan. Konsentrasi Anda akan terfokus pada membaca terjemahannya.

Oleh karena itu, bila mungkin pilihlah film yang tanpa subtitle sama sekali. Kalaupun tidak memungkinkan, maka Anda harus membiasakan diri untuk tidak melihat subtitlenya.

3. Pergunakan Headphone atau Earphone

Agar bisa menangkap percakapan secara jelas, akan lebih baik bila Headphone dihubungkan dengan televisi. Suaranya akan semakin jelas terdengar.

Kalaupun tidak ada, bukan masalah. Keraskanlah volume televisi sehingga suaranya bisa Anda dengar.

4. Pergunakan Video Player dengan remote

Akan lebih baik lagi, apabila tersedia video player dimana Anda bisa memutar film yang tanpa teks terjemahan.

Remote haruslah tetap ditangan Anda. Ketika terasa sebuah kalimat kurang jelas, Anda bisa memutar balik video.

5. Tontonlah film seperti biasa

Tidak ada yang istimewa. Anda hanya harus menonton film atau video di layar televisi sambil memperhatikan apa yang diucapkan oleh aktor dan aktris dalam film tersebut.

Pastikan mata Anda mengarah ke layar tengah dan bukan ke bagian bawah dimana teks terjemahan ditayangkan.

6. Lakukan berulangkali

Ya, setelah film selesai, jangan langsung ganti dengan film yang lain. Ulangi lagi dari awal hingga Anda merasa yakin bahwa Anda sudah menangkap alur cerita dan apa yang dikatakan sang tokoh.

Hanya itu saja. Semua ini adalah langkah untuk menggunakan manfaat TV untuk belajar bahasa Inggris (atau bahasa asing lainnya).

Pola ini digunakan oleh semua laboratorium bahasa di berbagai universitas. Anda bisa menirunya dengan televisi (dan video player, kalau ada) yang ada di rumah.

Intinya sebenarnya sederhana. Laboratorium bahasa dipergunakan untuk mengkondisikan pelajar berada dalam lingkungan para pengguna bahasa tersebut. Semakin sering seseorang berada dalam lingkungan tersebut, maka pendengaran mereka akan semakin terlatih dan terbiasa menangkap percakapan dan suara dalam bahasa tersebut.

Jadi anda bisa menggunakan televisi Anda untuk membuat lingkungan yang sama dengan di laboratorium bahasa. Hanya dengan sedikit kreatifitas dan konsistensi, maka Anda bisa merasakan manfaat TV untuk belajar bahasa Inggris di rumah Anda sendiri.

Tags: