Many dan Much – Perbedaannya Apa?

Many dan Much, dua kata yang masih banyak pengguna Bahasa Inggris di Indonesia yang salah menggunakannya. Keduanya sebenarnya berarti sama, yaitu “banyak”.

Arti “banyak” yang terkandung di dalam kedua kata ini juga sama-sama “tidak tentu”. Ketika many atau much dipergunakan, tidak jelas jumlah pasti yang dimaksudkan. Ketika seseorang mengatakan

” I have much money”

” She has many books”

dalam kalimat yang diucapkan di atas tidak jelas berapa jumlah yang dimaksudkan. Seratus, seribu, sejuta? Tidak ada yang bisa memastikan. Itulah makna yang terkandung dalam many dan much, “banyak” tetapi tidak jelas seberapa banyak.

Nah, kapan kita menggunakan many atau much dalam kalimat atau ucapan?

Sederhana. Kalau Anda sudah memahami atau paling tidak membaca tulisan tentang mengenal countable noun dalam bahasa Inggris dan mengenal uncountable noun dalam bahasa Inggris maka Anda akan bisa memakai many dan much dengan benar.

Perbedaan Many dan Much

Mengapa bisa demikian? Karena memang perbedaannya hanya hal tersebut saja.

Many dipergunakan untuk kata benda yang bisa dihitung atau countable noun

Much dipergunakan untuk kata benda yang tidak bisa dihitung atau uncountable noun.

Hanya itu saja bedanya.

Dari contoh kalimat di atas seharusnya sudah jelas perbedaannya. Sebagai tambahan saja, perhatikan beberapa kalimat di bawah yang menggunakan many dan much.

  • I don’t have much coffee
  • She doesn’t like much sugar in her tea

Coffee/Kopi dan Sugar/Gula termasuk kata benda yang tidak bisa dihitung

My mother buys many eggs every week

Her father sells many cars every month

Eggs (Telur-telur) bisa dihitung. Oleh karena itu memakai s untuk menunjukkan jumlah yang lebih dari satu. Begitu pula cars (mobil-mobil).

Jadi tidak perlu terlalu terfokus pada apa itu many dan much dan istilah dalam teori pelajaran bahasa Inggris yang disebut determiner. Cukup dengan mengetahui perbedaan dan cara menggunakannya saja.

Kalau bisa mudah, mengapa harus dipersulit. Belajar Bahasa Inggris itu mudah, jadi mengapa harus mempersulit diri dengan teori-teori dan istilah yang sulit diingat.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan many dan much.

Semoga bermanfaat.

Rate this article!
Tags: