Menara Seluler Dalam Bentuk Pohon Plastik di Amerika Serikat

Menara Seluler atau BTS (Base Transreceiver Station) di Indonesia biasanya berbentuk rangka besi seperti menara Eiffel. Tetapi tidak demikian di Amerika Serikat.

Kesadaran akan nilai estetika yang kurang dari penggunaan menara seluler yang terbuat dari besi mengilhami penyedia jasa layanan tersebut untuk berinovasi. Apalagi di Negara Paman Sam tersebut terdapat paling tidak 2 juta buah.

Bisa dibayangkan kalau semuanya berbentuk kerangka besi. Tentunya kehadiran benda-benda kaku tidak estetis sebanyak itu akan mengganggu sekali pemandangan.

Untuk menghindari hal tersebut, banyak menara BTS di negara tersebut yang disamarkan dan dibuat lebih ringkas. Bentuknya dibuat agar lebih menyatu dengan sekitar dan sekaligus tidak mengurangi nilai estetikanya.

Salah satu bentuk yang banyak dipilih adalah menara seluler berbentuk pohon plastik. Dengan begitu pemandangan sekitar tidak banyak terganggu dan fungsi pelayanan bagi para pengguna telepon genggam dan smartphone tetap terlayani.

Bahkan ada banyak orang disana yang mengabadikan hasil kreasi ini. Salah satunya adalah Robert Voit yang karyanya bisa Anda lihat di bagian atas. Ia adalah seorang fotografer yang pernah mengadakan eksibisi atau pameran yang dikhususkan untuk memamerkan berbagai bentuk menara seluler yang disamarkan sebagai pohon plastik ini.

Unik bukan? Mudah-mudahan bisa ditiru di Indonesia.

Tags: