Mencegah Demam Berdarah Dengan Cara Sederhana Dan Mandiri

Penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue) adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti. Nyamuk aedes aegypti memiliki bentuk badan belang-belang atau terdapat garis putih. Nyamuk inilah yang menjadi penyebab seseorang terjangkit penyakit demam berdarah. Demam berdarah tidak dapat dianggap sebagai penyakit ringan karena penyakit ini dapat mengancam jiwa. Meski demikian, ada banyak cara untuk mencegah penyakit ini. Salah satu caranya yaitu mencegah demam berdarah dengan cara sederhana dan mandiri.

Penyebab demam berdarah

Penyebab demam berdarah, seperti yang kita ketahui, adalah nyamuk aedes aegypti. Nyamuk ini biasanya berkembang biak di bak mandi, tempayan, drum, WC, dan pada barang-barang yang mengapung seperti kaleng bekas, ban bekas, pot tanaman air, dll.

Jenis nyamuk ini adalah nyamuk yang terinfeksi ketika menggigit manusia yang sedang sakit atau terdapat virus di dalam darahnya. Kemudian, virus tersebut dapat ditularkan dari nyamuk ke telur-telurnya. Virus tersebut kemudian berkembang di dalam tubuh nyamuk selama 8-10 hari, terutama pada kelenjar air liurnya. Dan, apabila nyamuk tersebut menggigit manusia, maka virus dengue akan dipindahkan bersama air liur nyamuk. Selanjutnya, virus ini akan berkembang selama 4-6 hari di dalam tubuh manusia dan inilah yang dinamakan sakit demam berdarah.

Gejala demam berdarah

Tidak semua orang yang terdapat virus dengue akan mengalami sakit demam berdarah. Ada sebagian yang mengalami demam ringan dan sembuh dengan sendirinya. Bahkan, ada pula yang tidak mengalami gejala sakit apapun. Gejala umum sakit demam berdarah, antara lain :

  • penderita DBD akan mengalami demam selama 2-7 hari tanpa sebab yang jelas.
  • terjadi pendarahan spontan, seperti mimisan, muntah darah, dan buang air besar disertai darah hitam.
  • trombosit menurun dari angka normal 150.000 – 300.000 uL dan hematokrit meningkat dari angka normal pada laki-laki <45 dan wanita <40.
  • jari-jari tangan dan kaki akan terasa ingin, muncul rasa gelisah, dan tak sadarkan diri.

Mencegah demam berdarah dengan cara sederhana dan mandiri

Untuk mencegah penyebaran virus demam berdarah, ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan, di antaranya :

1  pembersihan jentik

  • pemberantasan sarang nyamuk dengan 3M, yaitu menguras tempat penampungan air bersih, mengubur barang bekas, dan membersihkan tempat yang berpotensi perkembangbiakan nyamuk.
  • larvasidasi atau abatisasi, yaitu kegiatan yang memberikan atau menaburkan zat yang dapat membunuh jentik nyamuk ke dalam penampungan air.
  • menggunakan ikan, seperti ikan cupang, ikan sepat, atau ikan timah untuk membunuh jentik nyamuk.

2. pencegahan gigitan nyamuk dilakukan dengan menggunakan kelambu, menggunakan obat nyamuk, jangan membiasakan menggantung baju, melakukan fogging (penyemprotan dengan insektisida untuk membunuh nyamuk dewasa).

 

 

 

Tags: