Mengajarkan Anak Di Bawah Umur Berkendara, Berarti…

Banyak orangtua di Indonesia dewasa ini membiarkan dan bahkan mengajarkan anak di bawah umur berkendara. Bahkan, tidak jarang mereka dengan bangga menceritakan tentang anak mereka yang masih duduk di bangku SD atau SMP sudah bisa mengendarai sepeda motor atau mobil.

Padahal, sebenarnya hal tersebut memberikan efek kurang baik bagi sang anak sendiri. Secara tidak langsung apa yang dilakukan para orangtua itu sebenarnya mengajarkan :

Melanggar Hukum dan Aturan

Aturan hukumnya sudah jelas. Seseorang diperbolehkan berkendara dengan sepeda motor atau mobil setelah mereka melewati usia 17 tahun.

Itu aturan yang ada.

Dengan membiarkan atau mengajarkan anak di bawah umur berkendara pada dasarnya tidak berbeda dengan mengatakan kepada mereka untuk tidak perlu taat pada aturan dan hukum yang berlaku.

Padahal hukum dan aturan itu ada untuk keteraturan dan kepentingan mereka sendiri.

Berbuat Curang

Otomatis dengan tidka memiliki Surat Izin Mengemudi, mau tidak mau sang anak harus berusaha untuk menghindari bertemu dengan polisi. Jika tidak mereka kemungkinan akan menghadapi sanksi dan hukuman.

Pada akhirnya, mengajarkan anak di bawah umur berkendara tidak berbeda dengan mengajak mereka berbuat kecurangan. Mereka harus dituntut terus menerus untuk mengakali aturan dan mencari cara tidak benar untuk mencapai tujuan.

Mengajarkan Kemalasan

Kebanyakan orangtua membiarkan anaknya mengendarai sepeda motor karena mereka terlalu malas untuk mengantarkannya.

Padahal, contoh terbaik bagi seorang anak adalah orangtuanya sendiri. Apa yang akan dilihat dan ditiru seorang anak ketika orangtuanya menunjukkan kemalasan dalam melaksanakan tugasnya.

Sang anak akan meniru kemalasan tersebut.

Membahayakan Nyawa Manusia

Masalah utama bagi pengendara anak-anak adalahmentalitas mereka yang masih cenderung tidak stabil dan ceroboh. Sudah terlalu banyak contoh kecelakaan yang mengakibatkan korban jiwa akibat tingkah laku ceroboh pengendara di bawah umur.

Kalau para orangtua tetap membiasakan hal seperti ini, sama halnya dengan mereka membahayakan nyawa anak mereka sendiri, dan orang lain. Padahal tugas orangtua adalah menjaga anaknya.

Sesuatu yang sangat ironis.

Bagaimanapun, mengajarkan anak di bawah umur berkendara dan kemudian melepas mereka ke jalan raya adalah sebuah tindakan yang tidak bertanggungjawab.

Kebiasaan ini harus segera dihentikan , sebelum semakin banyak nyawa manusia terbuang percuma hanya karena kecerobohan dan kemalasan saja.

Tags: