Mengapa Ayam Jantan Berkokok di Pagi Hari?

Hewan apa yang bangunnya paling pagi? Kita pasti langsung menjawab : ayam jantan! Yup, hal itu bukanlah sesuatu yang asing lagi bagi kita. Ibarat alarm alami, kokok ayam jantan menandakan bahwa malam telah pergi, dan fajar menjelang pagi. Selalu begitu, terus begitu, setiap hari. Tetapi, karena hal itu, lalu timbul pertanyaan, mengapa ayam jantan berkokok di pagi hari? Di bawah ini sekilas tentang penjelasannya.

fakta hewan : mengapa ayam jantan berkokok di pagi hari?

gambar diambil dari www.pixabay.com

Fakta hewan : mengapa ayam jantan berkokok di pagi hari?

Menurut para peneliti, alasan ayam jantan berkokok setiap pagi hari adalah karena ayam memiliki semacam alarm alami dalam tubuhnya yang membantu untuk merangsang otak dan syarafnya untuk berkokok di pagi hari. Sama halnya dengan burung yang berkicau setiap hari, secara alami ayam jantan berkokok melalui instingnya. Seperti hampir semua hewan yang memiliki siklus harian, ayam jantan pun memiliki ritme biologis setiap hari yang sudah diatur di dalam tubuhnya.

Selain hal yang disebutkan di atas, alasan ayam jantan berkokok lainnya adalah merupakan suatu cara untuk menandakan kekuasaan atas daerahnya masing-masing. Karena, bagaimanapun, ayam jantan tak ingin tersaingi oleh ayam jantan lainnya.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai alasan mengapa ayam jantan berkokok di pagi hari. Mudah-mudahan, penjelasan singkat ini dapat membantu dan memberikan manfaat. Kukuruyuuuuuukkkkkk….. ^_^

 

Sumber : 1.000 fakta unik dunia hewan

 

Tags: