Mengapa Burung Bisa Terbang Dan Bernyanyi?

Kita mungkin sering berkhayal, andaikan saja kita bisa seperti burung yang dapat bebas terbang sambil bernyanyi di angkasa. He..he..Tapi, sudah tahukah sebenarnya mengapa burung bisa terbang dan bernyanyi? Berikut di bawah ini tentang beberapa fakta mengenai alasan mengapa burung bisa terbang dan bernyanyi?

Mengapa burung bisa terbang dan bernyanyi?

Mengapa manusia tidak bisa terbang seperti burung? Adalah, karena, untuk bisa terbang itu, syarat utamanya : harus memiliki sayap. đŸ˜€ Dan, burung termasuk hewan istimewa karena mereka memiliki sepasang sayap. Meski, seperti kita tahu, ada beberapa jenis burung yang tidak bisa terbang, padahal mereka bersayap. Tetapi, tidak hanya adanya sayap sebagai syarat untuk dapat terbang. Syarat yang lain yang harus dimiliki adalah rangka tulangnya. Rangka tulangnya haruslah ringan.

Tidak seperti makhluk lain juga, burung memiliki berat tulang yang sangat ringan. Bahkan, pada beberapa burung (contoh : burung friget), berat seluruh tulangnya masih lebih ringan dibanding berat seluruh bulunya. Meskipun ringan, tetapi rangka tulang burung sangatlah kuat. Kedua syarat itulah yang menjadi alasan mengapa burung memiliki kemampuan untuk terbang.

Bernyanyi adalah adalah salah satu bentuk keriangan hati. Itulah beberapa anggapan dan kebiasaan dari manusia. Tetapi, tidak seperti anggapan dan kebiasaan manusia, burung-burung bernyanyi bukanlah karena mereka semata-mata sedang merasa riang gembira. Ada 2 alasan mengapa burung-burung itu bernyanyi, antara lain : untuk menarik pasangan atau untuk mempertahankan daerah kekuasaan.

Burung-burung mengenali nyanyian spesies mereka. Menariknya, burung mendapat pelajaran menyanyi dari seniornya. Menurut hasil penelitian, para burung jantan muda/junior tidak dapat mengembangkan nyanyian dari spesiesnya secara utuh tanpa mendengarkan nyanyian dari burung jantan dewasa terlebih dewasa. Burung betina akan tertarik kepada burung jantan yang menyanyikan lagu paling rumit juga paling berenergi. Kebalikannya, bila burung jantan lain mendengar lagu yang rumit dan berenergi seperti itu, mereka akan menyingkir dari daerah tersebut.

Yup, itulah sedikit fakta menarik tentang burung. Masih banyak fakta-fakta tentang burung lainnya yang tak kalah menarik untuk diketahui.

 

Tags: