Mengapa Gigitan Nyamuk Menimbulkan Bentol?

Seperti yang telah kita ketahui, yang menggigit dan mengisap darah kita adalah nyamuk betina untuk tujuan reproduksi. Setelah digigit nyamuk, yang terjadi pada diri kita adalah timbulnya rasa gatal dan bentol pada kulit di bagian yang digigit tadi. Tetapi, mengapa gigitan nyamuk menimbulkan bentol? Di bawah ini, sedikit penjelasan mengenaninya.

mengapa gigitan nyamuk menimbulkan bentol?

gambar diambil dari www.pixabay.com

Mengapa gigitan nyamuk menimbulkan bentol?

Hanya nyamuk betina yang menggigit dan mengisap darah. Ketika nyamuk betina hinggap di tubuh kita, dia akan menempelkan mulutnya yang mirip dengan sedotan, atau yang disebut probosis. Kemudian, dari moncongnya, akan keluar semacam pisau yang digunakan untuk merobek kulit kita dengan gerakan maju munur sampai menemukan urat darah. Setelah menemukan urat darah, nyamuk akan mulai mengisapnya.

Sifat darah adalah membeku jika terkena udara. Oleh karena itu, di dalam proses mengisap darah ini, nyamuk akan mengeluarkan air liurnya yang dapat mencegah darah yang telah diisapnya membeku. Proses ini bisa diibaratkan mirip dengan saat dokter bedah yang sedang mengoperasi tubuh secara tepat dan akurat.

Proses nyamuk menggigit dan mengisap darah itu dianggap selesai jika nyamuk telah merasa kenyang. Ia akan mencabut mulutnya yang mirip seotan itu dari kulit, lalu terbang. Tetapi, air liur yang dikeluarkannya tertinggal di kulit. Hal itu menyebabkan tubuh memberi reaksi terhadap adanya benda asing yang mengganggu. Maka, terjadilah proses alergi yang bentuknya bisa berupa rasa gatal atau bentol, atau bahkan keduanya secara bersamaan.

Rasa gatal atau bentol yang ditimbulkan oleh gigitan nyamuk sebenarnya hanyalah masalah kecil saja jika dibanding dengan kemungkinan lainnya. Meski tujuan nyamuk mengisap darah hanya untuk keperluan reproduksinya, tetapi nyamuk juga membawa ratusan virus dan parasit dalam tubuh dan moncongnya. Virus dan parasit yang dibawanya itu akan masuk ke dalam tubuh kita sewaktu nyamuk mengisap darah. Malaria dan demam berdarah merupakan dua contoh penyakit yang ditularkan oleh nyamuk.

Demikian sekilas tentang penjelasan mengapa gigitan nyamuk menimbulkan bentol? Mudah-mudahan penjelasan singkat ini dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^

Tags: