Mengapa Gorila Memukuli Dadanya Sendiri?

Siapa tak kenal dengan binatang satu ini? Gorila merupakan primata terbesar dan spesies ke dua yang terdekat dengan manusia setelah simpanse. Ada 2 spesies gorila, yaitu gorila timur dan gorila barat. Kebiasaan gorila yang terkenal dan sering kita lihat atau saksikan (biasanya di film-film atau acara televisi lainnya) adalah memukuli dadanya sendiri. Bila menyaksikan adegan di film, biasanya, gorila memukuli dadanya sendiri dikarenakan hewan ini sedang marah atau merasa terganggu. Tetapi, benarkah gorila memukuli dadanya sendiri saat marah? Mengapa gorila memukuli dadanya sendiri? Di bawah sekilas penjelasan tentang salah satu kebiasaan gorila yang sangat terkenal itu.

Mengapa gorila memukuli dadanya sendiri?

Mungkin diduga oleh banyak orang bahwa jika gorila memukuli dadanya sendiri adalah untuk memulai perkelahian. Tetapi, sebenarnya, tidak seperti itu! Meski tingkahnya terlihat kasar, tetapi sebenarnya hewan ini memiliki sifat yang lemah lembut.

Lantas, mengapa gorila memukuli dadanya sendiri? Ada beberapa saat mereka akan memukuli dadanya sendiri. Dan, itu bukanlah saat mereka sedang marah. Justru, ketika sedang gembira dan saat merasakan datangnya bahaya. Mereka biasanya akan memukuli dadanya sendiri. Malah, gorila jantan ketika merasakan datangnya bahaya, selain memukuli dadanya sendiri, kadang mereka juga melemparkan benda-benda serta mematahkan cabang pohon. Mengapa mereka melakukan itu? Karena, mereka berpengharapan bahwa dengan perilakunya tersebut akan membuat takut apapun yang sedang mengancamnya. ^_^

 

Tags: