Mengapa Jangan Memanaskan Mobil Terlalu Lama?

Perdebatan tentang berapa lama waktu yang diperlukan untuk memanaskan mobil masih menjadi perdebatan hingga saat ini.

Kubu yang satu mengatakan dengan teknologi permesinan yang baru, pemanasan mesin mobil sebelum dipergunakan tidak lagi diperlukan. Di sisi yang berlawanan, masih banyak yang mengatakan memanaskan mesin mobil diperlukan agar bensin atau bahan bakar yang semula mengental menjadi cair dan juga diperlukan untuk membuat mesin lebih awet.

Sepertinya adu argumen tentang hal yang satu ini masih akan terus berlangsung lama.

Tetapi, ada beberapa hal yang memastikan bahwa memanaskan mobil itu sebaiknya jangan terlalu lama.

Hal-hal itu adalah :

Polusi Udara

Semakin lama mesin dinyalakan maka semakin banyak gas buang yang terjadi. Otomatis akan semakin banyak pula gas yang mengotori udara.

Dalam hal ini, semakin sedikit waktu yang dipergunakan untuk memanaskan mesin mobil, maka semakin sedikit pula gas yang mengotori udara.

Tidak Efisien Bahan Bakar

Menyalakan mesin kendaraan tanpa menempuh jarak sedikitpun adalah sia-sia. Mesin tidak peduli apakah sang mobil berjalan atau tidak dan selama mesinnya dinyalakan, mobil akan tetap melahap bensin atau solar dari tangkinya.

Hasilnya dengan tidak ada jarak yang ditempuh dan bahan bakar tetap terpakai, rasio penggunaan bahan bakar menjadi tidak efisien.

Hal ini juga berarti kita harus membayar lebih untuk sesuatu yang terbuang percuma. Belum lagi, efek polusi yang disebabkannya.

Polusi Suara

Di kebanyakan perumahan sekarang , posisi satu rumah dengan rumah yang lain sangat rapat. Dindingnya tidak jarang berhimpitan.

Menyalakan mesin mobil hanya untuk memanaskannya tetap akan menimbulkan bunyi. Apalagi bila berada di dalam garasi yang tidak seberapa lebar. Suaranya akan terdengar ke rumah tetangga.

Memang kita ingin agar mobil atau kendaraan lain milik kita bekerja dengan maksimal. Tetapi, dengan kemajuan teknologi di masa sekarang, permesinan mobil sudah banyak mengalami perubahan.

Memanaskan mesin mobil selama 15 atau 20 menit adalah kebiasaan lama dan sudah tidak sesuai lagi dengan masa sekarang. Bahkan di negara-negara yan gmemiliki musim dingin, saat dimana bahan bakar cenderung menggumpal, waktu ini sudah terlalu lama.

Banyak pakar otomotif menyebutkan di negara tropis, 30 detik hingga 2 menit adalah waktu yang lebih dari cukup. Jika di musim dingin, mungkin perlu agak lebih lama, sekitar 5-8 menit.

Saya memutuskan 30 detik sampai 1 menit saja untuk memanaskan mesin Hyundai Accent Verna tua kesayangan saya (keluaran 2002). Sejauh ini, mobil tua itu tetap baik-baik saja dan tidak bermasalah. Jadi, saya memutuskan untuk tetap melanjutkan kebiasaan ini.

(Baca Juga : Mengajarkan Anak Di Bawah Umur Berkendara, Berarti…)

Bagaimana dengan Anda? Berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk memanaskan mobil Anda?

Tags: