Mengapa Kebanyakan Ikan Bertubuh Ramping, Berkulit Cerah, Dan Tidak Berbulu?

Bertubuh ramping, berkulit cerah, dan tidak berbulu. Itulah dambaan hampir sebagian besar kaum wanita. he..he..Dan seharusnya, memang, melihat dan belajar dari ikan. ha..ha..Tapi, lihat saja, bukankah kebanyakan ikan memiliki ciri-ciri seperti itu? Mengapa kebanyakan ikan bertubuh ramping, berkulit cerah, dan tidak berbulu? Berikut di bawah ini adalah rahasianya. 😉

Mengapa ikan bertubuh ramping, berkulit cerah, dan tidak berbulu?

Mengapa ikan bertubuh ramping?

Hampir sebagian besar makhluk hidup yang habitatnya di dalam air, khususnya ikan memiliki kulit yang licin dan bertubuh ramping. Bentuk dan ukuran ikan berbeda-beda. Ada yang berbentuk pipih seperti pari, bulat memanjang ramping, seperti belut, ada juga yang bertubuh bulat, tetapi kebanyakan bertubuh ramping. Mengapa kebanyakan ikan bertubuh ramping? Untuk memudahkan mereka begerak di dalam air. Seperti ikan layur dan ikan pecak, tubuh mereka yang pipih memungkinkan mereka untuk meluncur dengan mudah di dasar laut untuk bersembunyi dan berdiam diri di sana, sambil menunggu hewan lain yang dapat dimangsa.

Mengapa ikan berkulit cerah?

Kulit cerah yang dimiliki ikan sungguh mengesankan. Apalagi ikan yang hidup di laut tropis, kebanyakan berwarna cerah, warna berbintik-bintik, atau memiliki pola-pola tertentu. Selain mengundan decak kagum, kulit berwarna cerah seperti itu membantu mereka saat bersembunyi di antara karang yang berwarna-warni atau di antara bayangan gelap di lautan. Warna tubuh yang cerah indah seperti itu juga membantu agar tampak menonjol saat berada di permukaan laut yang terbuka.

Pada musim kawin, saat ikan-ikan itu mencari pasangan dan ingin diperhatikan, mereka berenang di tempat terbuka sehingga dapat terlihat sangat jelas.

Mengapa ikan tidak berbulu?

Sebagian besar hewan yang memiliki bulu adalah hewan yang berdarah panas, maksudnya adalah memiliki suhu tubuh tetap. Meski berada di tempat bersuhu dingin atau panas, suhu tubuh hewan golongan ini selalu tetap. Hal ini dimungkinkan karena adanya bulu-bulu di tubuh mereka.

Ikan tidak termasuk hewan berdarah panas. Karena, ikan termasuk hewan berdarah dingin yang suhu tubuhnya selalu berubah sesuai suhu lingkungan di luarnya. Makanya, ikan tidak memiliki bulu karena tidak harus menjaga suhu tubuhnya agar selalu tetap.

Selain itu, jika ikan memiliki bulu, udara akan masuk melalui celah-celah di antara bulunya sehingga ikan tidak bisa berenang sampai ke laut dalam. Bulu juga dapat menimbulkan gesekan antara air dan tubuh ikan menjadi lebih besar sehingga ikan akan susah bergerak. Oleh karena itu, ikan tidak memerlukan bulu.

 

Tags: