MENGAPA SAMPAH HARUS DIPISAH?

Belakangan ini, kita sering menjumpai tempat sampah yang dipisah. Maksudnya, tempat sampah biasa dan tempat sampah yang bisa didaur ulang. Sistem pemisahan ini, ternyata banyak diterapkan di negara-negara maju, lho! Dan, tentu saja, ada berbagai manfaat dari sistem pemisahan sampah tersebut. Mengapa sampah harus dipisah?

mengapa sampah harus dipisah?

Salah satu manfaat dari sistem pemisahan sampah adalah dapat membantu perekonomian negara. Karena, berarti kita bisa mendaur ulang sumber daya. Contohnya, sampah berupa kertas, gelas kaca, dan kaleng. Jenis-jenis barang yang disebutkan tadi dapat kita gunakan kembali setelah diproses secara khusus di pabrik.

Zaman dahulu, bahkan sampai kini, kita masih sering mengubur sampah di dalam tanah. Tetapi, sebenarnya, mengubur sampah memberi pengaruh buruk bagi tumbuhan, juga manusia. Salah satu contohnya adalah batu baterai yang sudah kering. Batu baterai, seperti yang kita tahu, banyak mengandung timbal. Sementara, timbal memiliki banyak dampak buruk untuk tubuh maupun lingkungan.

Selain timbal, coba bayangkan pula dengan sampah sisa bahan makanan. Apa yang bakal terjadi jika sampah tersebut hanya dikubur tanpa dikeringkan terlebih dahulu? Air yang keluar dari limbah sisa makanan akan bercampur dengan air tanah. Jika manusia meminum air campuran air tanah dan air limbah itu, maka akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan manusia tersebut.

Tapi, bukan berarti membuang sampah sisa makanan secara sembarangan lebih baik daripada menguburnya di dalam tanah. Bayankan, jika kita membuang sampah sisa makanan sembarangan. Tentunya, segera akan dikerubuti oleh serangga, tikus, dan sebagainya. Oleh karena itu, sebaiknya, di setiap rumah disediakan tempat sampah.

 

 

 

 

Rate this article!
Tags: