Mengapa Semut Saling Bersalaman Ketika Bertemu?

Kita sering melihat adegan semut yang seolah saling bersalaman ketika bertemu. Ketika semut berbaris berbondong-bondong dan bertemu semut yang lain, maka mereka akan berhenti dan tampak seperti sedang bersalaman. Tetapi, tahukah alasannya mengapa semut saling bersalaman ketika bertemu? Di bawah ini sedikit penjelasan mengenai hal itu.

Mengapa semut saling bersalaman ketika bertemu?

Sebenarnya, mereka bukan bersalaman, tetapi menepuk. Itulah cara semut berkomunikasi, dengan saling menepuk. Tepukannya pun memiliki arti. Jika tepukannya keras, itu menjadi sebuah tanda bahaya. Sedangkan, jika tepukannya lembut di antara 2 ekor semut itu merupakan sebuah isyarat yang memberitahu adanya makanan untuk semut yang lain.

Mengapa semut sering terlihat berbondong-bondong?

Secara satu per satu, semut tidak mengenali satu sama lainnya. Tetapi, tiap spesies semut memiliki pesan kimia dan sedikit perbedaan pada sarang mereka. Seekor semut bisa mengenali semut lain melalui bau mereka, apakah semut lain itusebagai teman satu sarang atau semut asing. Zat kimia yang terdapat pada tubuh semut memungkinkannya untuk meninggalkan jejak bau yang dapat diikuti semut lain dalam menemukan sumber makanan yang baik.

Semut termausk hewan sosial dan memiliki tingkat kesetiakawanan tinggi. Jika salah satu di antara mereka menemukan sumber makanan, dia akan memberitahu semut-semut lain yang ada di dalam kelompoknya. Kemudian, semut-semut dalam kelompok pun segera menuju tempat sumber makanan tersebut. Sehingga, sering terlihat semut sedang berbondong-bondong menuju suatu tempat.

Fakta lainnya, ternyata, semut tidak dapat melihat juga mendengar dengan baik, jadi mereka berkomunikasi satu sama lain dengan cara meninggalkan bau. Itulah sebabnya semut berbaris mengikuti jejak yang ditinggalkan semut-semut yang lain ketika menuju suatu tempat.

 

Tags: