Mengatasi Amandel Dengan Ramuan Tradisional

Amandel merupakan penyakit karena kelenjar tonsil yang membengkak. Pembengkakan ini terjadi akibat terserang oleh bakteri dan virus. Penyakit amandel menyebabkan timbulnya kerusakan pada permukaan selaput tonsil/selaput lendirnya. Dan, jika parah, penyakit ini dapat merusak jaringan amandel. Mengatasi amandel dapat dengan menggunakan pemberian obat kimia untuk mengurangi rasa sakit, anti inflamasi, untuk menurunkan demam, dan untuk sakit tenggorokan. Selain itu, dapat juga dengan melakukan tindakan medis, seperti pembedahan. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan beberapa ramuan tradisional yang telah terbukti efektif dan sangat membantu. Berikut di bawah ini secara singkat tentang beberapa mengatasi amandel dengan ramuan tradisional.

Gejala umum yang biasanya timbul pada penyakit ini, antara lain kepala pusing, demam, dan suhu tinggi (terutama pada anak-anak), rasa sakit/nyeri saat menelan makanan, napas menjadi bau, merasa lelah dan lemah, serta muka pucat dan berkeringat.

Mengatasi amandel dengan ramuan tradisional

Selain dengan obat kimia dan tindakan medis, amandel juga dapat diatasi dengan menggunakan beberapa ramuan tradisional yang sederhana. Bahan-bahannya mudah didapat begitu pula dengan cara pembuatannya. Berikut adalah beberapa bahan dan cara pembuatan ramuan tradisional untuk mengatasi amandel.

cara 1 :

cuci bersih kulit dari 3 buah jeruk nipis. Lalu, kulit tersebut dipotong-potong. Kemudian, rebus kulit jeurk nipis tersebut dengan 2 gelas air bersih, sampai tersisa separuhnya. Dinginkan, lalu disaring. Gunakan untuk berkumur dan minum. Lakukan sebanyak 3-4x sehari, @ 4 sdm.

cara 2 :

cuci bersih 2 buah pala dan 20 buah cengkih. Bahan-bahan tersebut kemudian digiling halus, lalu diremas dengan minyak kelapa sebanyak 3 sdm. Setelah itu, dihangatkan sampai hangat-hangat kuku. Gunakan untuk membalur secara merata pada leher, lalu dibalut. Lakukan cara ini sebanyak 3x sehari atau sesuai kebutuhan.

cara 3 :

1 buah jeruk nipis diperas dan diambil airnya. Empu kunyit sebesar ibu jari, diparut dan diperas, kemudian ambil airnya. Campurkan perasan air jeruk nipis dan air kunyit tersebut dengan 1 sdt madu murni. Lalu, diminum sedikit demi sedikit. Lakukan cara ini sesering mungkin.

cara 4 :

  • cuci bersih dan dipotong-potong :
    • daun sambiloto sebanyak 1/4 genggam
    • kulit batang duwet/jamblang sebesar 2 jari
    • daun kumis kucing sebanyak 1/3 genggam
    • gula aren sebesar 3 jari
    • daun galing sebanyak 1/5 genggam
  • rebus bahan-bahan tersebut dengan 4 gelas air bersih hingga tersisa 3/4-nya. Dinginkan dan saring. Minum air rebusan ini sebanyak 3x sehari, @ 3/4 gelas.

 

Demikianlah secara singkat tentang cara-cara mengatasi amandel dengan ramuan tradisional. Mudah-mudahan dapat membantu dan bermanfaat. ^_^

 

Tags: