Mengatasi Masalah Bau Badan Dengan Tanaman Obat

Punya masalah dengan bau badan? Bau badan memang menimbulkan rasa tidak percaya diri. Tapi, tak usah merasa malu. Karena, banyak cara sederhana untuk mengatasi masalah bau badan. Di antaranya, dengan menggunakan tanaman obat.

Bau badan adalah bau yang disebabkan oleh bakteri pada tubuh. Hal ini erat hubungannya dengan keringat. Keringat diproduksi oleh kelenjar keringat yang terdapat di bawah kulit dan kemudian melepaskan cairan keringat itu ke pemukaan kulit.

Ada dua macam kelenjar keringat, yaitu : kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin.

Kelenjar ekrin, berada di seluruh tubuh dan menghasilkan keringat yang tidak berbau, kecualii, jika mengonsumsi makanan yang berbau khas, seperti bawang.

Kelenjar apokrin, terdapat pada bagian tubuh yang ditumbuhi rambut yang menghasilkan keringat yang mengandung lemak. Kemudian, lemak diuraikan oleh bakteri keringat. Hasil penguraian bakteri inilah yang menimbulkan bau. Keringat dan bau sangat dipengaruhi oleh suasana hati, aktifitas, makanan tertentu, dan hormon.

Mengatasi bau badan dapat dilakukan dengan banyak cara sederhana, antara lain dengan rajin membersihkan diri/mandi dan lipatan ketiak dengan kain lembab atau sabun dan air untuk mengurangi bakteri. Sebaiknya berganti pakaian setiap hari atau setiap kali habis dipakai. Hindari mengenakan pakaian lebih dari sekali tanpa dicuci. Memakai obat bau badan akan sangat membantu.

Selain itu, dengan mengonsumsi tanaman obat yang dapat mengatasi bau badan. Adapun tanaman obat yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah bau badan, antara lain beluntas dan kemangi. Bahan dan cara pemakaiannya seperti disebut di bawah ini :

Resep I

Bahan : beluntas ( Pluchea indica)

Cara pemakaian :

  • cuci bersih daun muda beluntas secukupnya
  • lalap daun muda beluntas sesering mungkin atau dimakan sebagai lalapan bersamaan dengan nasi dan lauk pauknya

Tanaman pagar yang memiliki aroma khas ini, selain rasanya enak untuk dijadikan lalapan juga memiliki khasiat untuk menghilangkan bau badan. Tanaman ini juga dapat menambah nafsu makan serta dapat membantu pencernaan. 

Resep II

Bahan : kemangi (Ocinum bassilicum)

Cara pemakaian :

  • cuci bersih daun kemangi muda
  • lalap daun kemangi muda sebanyak dan sesering mungkin

Tanaman kemangi yang beraroma harum segar ini dapat menghilangkan bau badan dan juga bau mulut.

Dengan rajin mengonsumsi lalap pucuk daun beluntas dan pucuk daun kemangi, bau badan dan bau mulut akan berkurang, bahkan dapat hilang sama sekali. Juga, dapat menambah nafsu makan dan memperbaiki percernaan.

 

 

Tags: