Pertolongan Pertama Untuk Mengatasi Gigitan Ular Berbisa

Seperti yang kita tahu, bisa atau racun ular memiliki jenis yang beragam. Ada yang bersifat ringan, ada pula yang mematikan. Yang bersifat ringan tidak terlalu memberikan dampak yang berarti pada aliran darah dan kondisi tubuh. Sedangkan, racun yang bersifat mematikan biasanya dapat membunuh dalam waktu singkat. Hanya dengan dosis yang sangat kecil, racun tersebut dapat membuat seseorang kehilangan nyawa. Racun seperti ini biasanya dimiliki oleh ular kobra atau kalajengking jenis tertentu. Lalu, apa yang harus dilakukan jika terkena gigitan ular berbisa? Berikut adalah beberapa cara pertolongan pertama untuk mengatasi gigitan ular berbisa.

pertolongan pertama untuk mengatasi gigitan ular berbisa

gambar diambil dari www.pixabay.com

Pertolongan pertama untuk mengatasi gigitan ular berbisa

Jika kebetulan berada dengan rumah sakit, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah membawa segera korban ke rumah sakit tersebut. Tetapi, bila sebaliknya? Masih ada beberapa pertolongan pertama yang bisa kita berikan. Antara lain :

  • mengikat bagian tubuh yang terkena gigitan, di bagian atas dan di bagian bawahnya. Usahakan agar ikatan itu kencang, tetapi tidak sampai menghentikan aliran darahnya.
  • jangan menoreh, melukai, atau merobek bagian yang terkena gigitan. Juga, jangan coba untuk menyedot atau mengisap bisa atau racun ular di tempat yang terluka itu. Karena, racun yang ada pada luka tersebut dapat pindah ke mulut yang mengisapnya.
  • bersihkan bagian tubuh yang terkena gigitan dengan antiseptik untuk menghindari infeksi. Dalam beberapa kasus, infeksi jauh lebih berbahaya dibanding racun ular itu sendiri,
  • usahakan untuk tetap tenang dan tidak panik. Juga, jangan terlalu banyak bergerak atau mengegerakkan bagian tubuh yang terkena gigitan. Jika memungkinkan, kenali jenis ular yang menggigit tersebut sehingga penanganan yang akan diberikan oleh dokter/ahli akan lebih baik.
  • secepatnya membawa korban ke rumah sakit agar dapat mendapatkan pertolongan dengan segera.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai langkah pertolongan pertama ketika tergigit ular berbisa. Mudah-mudahan penjelasan singkat di atas dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^

Tags: