Mengatasi Kram Kaki Dengan Tanaman Obat

Kram kaki merupakan kontraksi yang terjadi pada otot kaki. Kram terjadi secara tiba-tiba dan terasa sakit dan biasanya menyerang golongan usia setengah baya dan lansia. Sering terjadi pada malam atau menjelang pagi. Kram kaki terjadi karena kiriman darah ke kaki tidak lancar. Selain dengan beristirahat, mengatasi kram kaki juga dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa tanaman obat.

Kram bisa terjadi karena olahraga yang berlebihan, terutama saat udara panas, sehingga tubuh kurang cairan yang menyebabkan terganggunya keseimbangan ektrolit tubuh seperti Mg, K, Ca, dan Na. Atau, bisa juga karena otot kaki mengalami cedera atau; karena memakai kaos kaki dan sepatu yang terlalu ketat, sehingga aliran darah menjadi terhambat.

Obat yang bersifat diuretik juga dapat menyebabkan mineral tubuh yang dibutuhkan oleh otot secara tidak sengaja ikut terbuang sehingga berakibat terjadi kram. Perokok maupun peminum alkohol juga memiliki kecenderungan mengalami kram karena oksigen dalam darah berkurang.

Jika terjadi kram kaki, tempatkan korban pada posisi duduk dengan kaki lurus sejajar dan otot dilemaskan. Telapak kaki ditekan ke atas, lalu dipijat perlahan-lahan sambil lutut ditekan ke bawah. Setelah itu, kompres bagian yang kram dengan air panas, terutama bagian yang sakit.

Mengatasi kram kaki dapat menggunakan 3 jenis tanaman obat yaitu daun dewa, pegagan, dan jahe merah.

Resep 1, mengatasi kram kaki dengan tanaman obat

Bahan : daun dewa

Cara pemakaian : lalap atau buat jus daun dewa segar sebanyak 3 lembar

Setelah memakai obat tradisional ini, rasa panas hilang, sirkulasi darah menjadi baik, serta darah beku yang menghambat aliran darah menjadi cair.

Resep 2, mengatasi kram kaki dengan tanaman obat

Bahan : jahe merah (zingiber officinale)

Cara pemakaian 1 :

  • tumbuk halus 40-50 gram rimpang jahe merah yang telah dicuci bersih
  • balurkan hasil tumbukan itu pada bagian tubuh yang sakit

Cara pemakaian 2 :

  • rebus rimpang kering jahe merah yang telah dicuci bersih
  • tambahkan madu secukupnya, minum selagi hangat

Jahe merah berfungsi sebagai penyegar, pengurang rasa sakit, perangsang aktifitas syaraf pusat, dan perangsang regenerasi sel normal. Sehingga, penghambatan aliran darah ke kaki berkurang.

Resep 3, mengatasi kram kaki dengan tanaman obat

Bahan : Pegagan

Cara pemakaian :

  • cuci bersih pegagan segar sebanyak 30-60 gram
  • rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa setengah bagian (1.5 gelas)
  • minum air rebusan ini 3x sehari terus menerus hingga sembuh

Tanaman pegagan mengandung garam-garaman (K, Ca, Na, Fe) dan bersifat merevitalisasi tubuh dan pembuluh darah. Pegagan dapat memperbaiki sirkulasi dengan merevitalisasi tubuh dan pembuluh darah, sehingga otot kaki menjadi tidak tegang.

Tags: