Mengatasi Mabuk Perjalanan Dengan Tanaman Obat

Mabuk perjalanan kerap menimpa wanita dan anak-anak. Mabuk biasanya terjadi secara mendadak dan dimulai dengan rasa yang tidak enak, seperti mual, pusing, keluar keringat dingin, bahkan muntah. Gangguan ini terjadi karena korban atau penderita mengalami gerakan yang terus menerus atau mencium bau aroma sesuatu yang memicu rasa mual serta pusing selama dalam perjalanan. Selain beberapa perlengkapan P3K, ada baiknya juga membawa ramuan dari tanaman obat yang berguna untuk mengatasi mabuk perjalanan saat bepergian.

Mabuk perjalanan biasa terjadi saat bepergian menggunakan sarana transportasi baik darat, laut maupun udara, seperti mobil, kapal laut, kapal udara, kereta api, dan lain-lain. Gerakan berguncang saat berada di atas kendaraan mengakibatkan ketidak seimbangan antara indera sehingga menyebabkan mabuk. Biasanya, mabuk perjalanan ini akan hilang jika kendaraan berhenti.

Penanganan pertama yang bisa dilakukan terhadap orang yang sedang mabuk perjalanan, antara lain dengan memijat pada bagian tengkuk; memberikan aroma yang segar, seperti minyak angin; dan memberikan udara segar yang banyak agar tercipta suasana sejuk.

Tanaman obat yang berguna untuk mengatasi mabuk perjalanan adalah jahe.

Resep mengatasi mabuk perjalanan dengan menggunakan tanaman obat :

Bahan : jahe (Zingiber officinale)

Cara pemakian :

  • cuci bersih jahe segar sebanyak 20 gram
  • rebus jahe dengan 3 gelas air
  • rebus hingga jahe layu dan air tersisa 1,5 gelas
  • saring air rebusan
  • tambahkan gula secukupnya

Bila hendak bepergian menggunanakan kendaraan, minum air jahe ini sesaat sebelum keberangkatan ataupun tengah dalam perjalanan. Jahe terbukti efektif dapat mengurangi rasa mual, sehingga gangguan mabuk perjalanan dapat dikurangi.

 

Tags: