Mengatasi Masalah Haid Dengan Ramuan Tradisional

Bukan rahasia lagi bahwa haid sering menjadi masalah bagi kaum wanita. Kehadiran dan ketidakhadiran tamu bulanan bagi wanita ini menimbulkan rasa yang sama-sama tidak nyaman. Banyak kaum wanita yang menganggap masalah haid sebagai hal yang wajar. Apalagi bagi para pekerja wanita di perkotaan, gangguan haid dianggap lazim seperti flu dan pilek.  Padahal, banyak tumbuhan dan bahan-bahan dapur yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah-masalah haid  ini. Berikut di bawah ini tentang mengatasi masalah haid dengan ramuan tradisional.

mengatasi masalah haid dengan ramuan tradisional

gambar diambil dari www.piabay.com

Mengatasi masalah haid dengan ramuan tradisional

Menjelang tamu bulanan datang, kebanyakan wanita mengalami perubahan emosi, seperti mudah sedih, mudah marah, cepat merasa lelah, dan tak bersemangat.

Dalam keadaan normal, haid datang sekali dalam sebulan. Tetapi, bila mengalami gangguan hormonal, haid bisa telat datang sampai enam bulan. Belum lagi rasa nyeri yang menyertai, atau keluarnya darah yang tak mau  berhenti. Semua ini bisa terjadi karena stres, kurang olah raga, dan asupan gizi yang tak seimbang.

Saat ini,  di pasaran banyak ditawarkan produk-produk obat herbal untuk mengatasi masalah haid. Tetapi selain itu, kita juga dapat membuatnya sendiri dengan memanfaatkan tumbuhan-tumbuhan yang ada di pekarangan, juga bumbu-bumbu yang ada di dapur. Biasanya yang digunakan adalah tumbuhan-tumbuhan yang memiliki sifat mendinginkan.

Contoh tumbuhan yang memiliki sifat mendinginkan adalah rumput teki, yang memiliki nama ilmiah Cyperus rotundus. Bagian dari rumput teki yang digunakan untuk obat mengatasi haid ini adalah umbinya. Karena, umbinya mengandung alkaloid, flavonoid, sineol, pinen, siperon, rotunal, siprenon, dan siperol. Rimpang rumput teki telah terbukti dapat membantu meringankan ketidakteraturan siklus haid dan meringankan gejala-gejala perubahan emosi menjelang haid.

Rimpang teki telah banyak digunakan oleh pengobatan tradisional Tiongkok dan India untuk mengatasi masalah kewanitaan.

Selain rumput teki, bumbu-bumbu di dapur juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah haid. Diantaranya, adas, ketumbar, dan cengkih. Dapat juga menggunakan bayam, bawnag merah, jeruk nipis, blustru, beluntas, dan kedelai. Khusus kedelai, jenis makanan ini paling bagus dikonsumsi sebagai tempe. Karena, tempe selain sebagai sumber multivitamin, juga kaya akan senyawa steroid.

Dibandingkan dengan obat kimia sintetis atau pun jamu, keamanan rempah-rempah dan sayuran yang disebutkan tadi sudah jelas dan tak diragukan lagi. Lagipula, sayuran-sayuran itu selain sebagai bahan makanan yang biasa disantap sehari-hari, juga dapat berfungsi sebagai jamu. gatasi masalah

Resep tradisional mengatasi masalah haid

Resep 1

Rebus 5-10 gram bubuk rimpang teki (dapat dibuat dengan mengeringkan rimpang teki. lalu diblender atau ditumbuk sampai halus) dengan 2 gelas air hingga tersisa separuhnya. Dinginkan, llau saring. Minum air rebusan ini sehari dua kali (pagi dan sore).

*) catatan : sebagaimana minum obat lainnya, minum air rebusan rimpang teki ini pun harus berhati-hati. Apabila muncul sesuatu yang tak beres, sebaiknya dihentikan untuk sementara dan segera periksakan diri ke dokter.

Resep 2

Tumbuk adas, ketumbar, dan cengkih masing-masing sejumput. Rebus dengan air. Dinginkan, dan saring. Lalu, minum air rebusannya sehari 2-3 kali.

*) catatan : pemakaian adas dalam jumlah banyak, kadang bisa mengakibatkan sering buang angin dan bersendawa. ;-D

Resep 3

Cuci 1 buah blustru berukuran sedang, lalu parut. Tambahkan setengah cangkir air masak dan garam sedikit (seujung sendok teh). Remas sampai halus. Setelah tercampur rata, peras dan saring. Minum air perasan tersebut sebanyak 3x sehari.

Resep 4

Cuci bersih dua genggam daun beluntas, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 1,5 gelas air masak dan sedikit garam. Peras dan saring. Minum air perasan tersebut 3x sehari @ 1/2 gelas.

Resep 5

Campurkan 2 sdm air perasan jeruk nipis dengan 3 sdm madu. Seduh dengan 1,5 cangkir air panas. Aduk sampai rata. Minum sebanyak 3x sehari, @ 1/3 nya.

Demikianlah secara singkat tentang mengatasi masalah haid dengan ramuan tradisional. Mudah-mudahan, penjelasan singkat ini dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^

 

 

 

Tags: