Mengatasi Masuk Angin Dengan Ramuan Tradisional

Banyak yang beranggapan bahwa masuk angin tergolong suatu penyakit ringan. Tetapi, ada pula yang beranggapan bahwa masuk angin bukanlah termasuk penyakit. Terlepas dari itu semua, pada kenyataannya, masuk angin menjadi salah satu ‘penyakit’ yang populer di kalangan masyarakat. ­čśÇ Meski untuk sebagian orang masuk angin dianggap sebagai penyakit ringan, tetapi membuat kondisi tubuh penderitanya sangat tidak nyaman. Mengatasi masuk angin dapat dilakukan dengan menggunakan obat kimia dan ramuan tradisional. Berikut di bawah ini beberapa cara untuk mengatasi masuk angin dengan ramuan tradisional.

Ada yang menganggap bahwa masuk angin merupakan gejala dari suatu penyakit tertentu. Misalnya, influensa, malaria, encok, dll. Masuk angin juga bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti kehujanan, kurang tidur, terlambat makan, dsb. Gejala umum yang timbul ketika masuk angin di antaranya : meriang, demam, perut kembung, mudah lelah, sering mengantuk, pilek, dan diare. Selain itu juga, berkeringat dingin, susah buang angin (kentut/bersendawa), batuk, nafsu makan berkurang, timbul rasa mual, bahkan muntah-muntah.

Mengatasi masuk angin dengan ramuan tradisional

Banyak yang menganggap masuk angin termasuk penyakit ringan. Karena terkadang, masuk angin hilang ketika penderita hanya cukup dengan meminum air teh manis hangat, air jahe hangat, atau dikerok. Tetapi, terkadang, masuk angin dapat berlangsung selama berhari-hari, yang tentu saja, kondisi seperti itu sangat tidak nyaman. Saat seperti itu, selain dapat menghubungi dokter, kita juga dapat mengatasinya dengan menggunakan ramuan tradisional. Berikut beberapa bahan dan cara untuk mengatasi masuk angin dengan ramuan tradisional.

  • cara 1 :
    • 6 butir bawang merah dicuci bersih, kemudian diremas dengan 1 sdm minyak kelapa. Balurkan campuran bawang merah tersebut pada punggung, tengkuk, perut, dan kaki.
  • cara 2 :
    • 10 tetes minyak kayu putih diseduh dengan 1/2 gelas air panas. Tambahkan madu 1/2 sdm, aduk rata. Biarkan sampai air terasa hangat-hangat kuku. Lalu, diminum 1-2x sehari, @ 1/2 gelas.
  • cara 3 :
    • minyak cengkih atau minyak sereh sebanyak 10 tetes diseduh dengan 1/2 gelas air panas. Tambahkan 1/2 sdm madu, aduk rata. Biarkan sampai air terasa hangat-hangat kuku. Lalu, diminum 1-2x sehari, @1/2 gelas.
  • cara 4 :
    • 1/2 sdt ketumbar dicuci bersih, lalu digiling sampai halus. Seduh dengan 1/2 gelas air panas. Tambahkan 1 sdm madu, aduk rata. Biarkan sampai hangat-hangat kuku. Minum air seduhan ketumbar ini sebanyak 1-2x sehari, @1/2 gelas.

Demikian secara singkat tentang beberapa cara mengatasi masuk angin dengan ramuan tradisional. Mudah-mudahan, dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^

Tags: