Mengatasi Mata Merah Dengan Tanaman Obat

Mata merah biasanya karena adanya peradangan pada selaput mata. Peradangan itu terjadi karena selaput tipis menutupi pelupuk dan sebagian bola mata sehingga membuat mata menjadi merah. Mengatasi mata merah dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan menggunakan beberapa tanaman obat.

Peradangan pada mata biasanya, penyebabnya adalah virus, bakteri, alergi terhadap debu, cahaya, asap, dan sebagainya.

Jika disebabkan bakteri, biasanya, mata akan mengeluarkan cairan kental berwarna kuning kehijauan pada malam hari,dan akan membuat mata agak lengket ketika kita bangun keesokan harinya. Penyebabnya, kotoran tersebut mengeras dan menempelkan kelopak mata atas dengan kelopak mata bawah. Radang mata ini biasa disebut belekan. Mata merah yang disebabkan oleh virus biasanya menghasilkan cairan bening dan akan sembuh dalam beberapa hari.

Penyakit mata merah tidak sampai mengganggu penglihatan. Tetapi, jika dibiarkan berlarut-larut, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi pada kornea mata dan menular pada orang lain.

Mata merah juga bisa disebabkan karena kelelahan atau kurang istirahat. Tetapi, bila hal ini terjadi, mata takperlu mendapat pengobatan, setelah mendapat istirahat yang cukup, maka, mata merah dapat sembuh dengan sendirinya.

Faktor penyebab yang lain, adalah adanya benda asing yang masuk ke mata. Jika yang masuk benda tajam akan sangat berbahaya karena akan merusak kornea dan perlu ditangani dengan segera dan tepat.

Selain dengan obat tetes mata untuk kondisi yang ringan dan obat tetes mata antibiotik untuk kondisi lainnya, mengatasi mata merah bisa juga dengan mengompres mata dengan air hangat atau menggunakan tanaman obat, seperti :

Resep I, mengatasi mata merah dengan tanaman obat :

Bahan : daun sendok (Plantago mayor)

mengatasi mata merah dengan tanaman obat

daun sendok, gambar diambil dari sini

Cara pemakaian :

  • ambil satu tanaman utuh daun sendok
  • cuci bersih tanaman
  • rebus tanaman dengan 1 (satu) gelas air dalam kuali tanah hingga mendidih
  • biarkan hingga airnya tersisa 1/3 bagian
  • saring, lalu dinginkan
  • teteskan air rebusan ke mata sesering mungkin sampai mata merah sembuh

Tanaman daun sendok memiliki sifat anti radang dan memperbaiki penglihatan sehingga diharapkan akan mengatasi gangguan pada mata, termasuk mata merah.

Resep 2, mengatasi mata merah dengan tanaman obat

Bahan : kembang telang (Clitoria ternatea)

mengatasi mata merah dengan tanaman obat

kembang telang, gambar diambil dari www.pixabay.com

Cara pemakaian :

  • ambil 3-5 kuntum bunga, lalu cuci bersih
  • seduh kuntum bunga dengan 1/4 gelas air panas
  • biarkan air dalam gelas hingga berwarna ungu
  • teteskan air rendaman ke mata jika sudah dingin

Kembang telang merupakan tanaman hias merambat. Tanaman ini memiliki sifat anti radang.

Pemakaian kedua tanaman obat ini biasanya menimbulkan rasa pedih di mata, tetapi berangsur-angsur akanberkurang dan hilang. Bagian mata yang mengalami radang dan berwarna merah berangsur-angsur akan mambaik dan kembali ke warna semula dalam beberapa kali pemakaian.