Mengenal 3 Huruf Dalam Bahasa Jepang

Belajar bahasa Jepang tidak semudah yang diperkirakan banyak orang. Sebabnya adalah karena dalam bentuk tulisan, bahasanya orang dari Negeri Sakura itu terbentuk dari 3 jenis huruf yang berbeda.

Ya, betul sekali. Terdapat 3 jenis huruf dalam bahasa Jepang dan semuanya sering dipakai secara bersamaan.

Belum lagi, ketiga jenis huruf tersebut berbeda dengan huruf latin seperti dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Bentuk huruf Jepang lebih menyerupai huruf Sansekerta atau Jawa/Sunda Kuno. Setiap huruf merupakan sebuah suku kata.

Seperti apa sih huruf-huruf dalam bahasa Jepang itu?

Silakan lihat di bawah

Tiga Jenis Huruf Dalam Bahasa Jepang

 

1) Hiragana

 

Huruf atau Kana ini sudah dikenal sejak lama, tetapi kepopulerannya bertambah sejak abad ke-10 Masehi.

Biasanya dulu dipergunakan untuk kaum wanita, sehingga kerap disebut Onna-De atau tulisan wanita. Onna (baca Ongna) berarti wanita dan de tulisan.

Tetapi, saat ini Hiragana dipergunakan secara umum tanpa melihat gender.

Huruf Hiragana bentuknya seperti di bawah ini.

2) Katakana

 

Katakana, dulu merupakan huruf yang dipergunakan oleh kaum laki-laki. Tetapi pada bahasa Jepang modern seperti sekarang, Katakana dipergunakan untuk menuliskan kata-kata serapan dari bahasa asing.

Biasanya kata-kata serapan ini agak berbeda penulisannya dengan bahasa asalnya. Hal itu disebabkan karena yang diubah ke dalam bahasa Jepang adalah bunyinya dan bukan tulisannya.

Contoh huruf bahasa Jepang yang ini adalah seperti di bawah.

 

3) Huruf Kanji

 

Huruf dalam bahasa Jepang yang satu ini adalah yang tersulit.

Sebuah huruf dapat memiliki banyak cara melafalkannya dan artinya bisa saja berbeda. Selain itu terkadang penulisannya harus dilengkapi dengan huruf Hiragana.

Huruf Kanji adalah jenis aksara yang merupakan hasil serapan dari budaya Cina. Penggunaannya pertama kali di Jepang dimulai pada abad ke-1 Masehi.

Kanji lebih tepat disebut sebagai lambang. Pada dasarnya Huruf Kanji adalah simplifikasi atau penyederhanaan dari bentuk yang dilihat manusia.

Huruf Kanji melambangkan konsep atau ide.

Jumlahnya banyak sekali. Sebagian contohnya bisa dilihat di bawah ini.

 

Menarik kan? Memang terlihat sulit tetapi sangat menyenangan belajar bahasa Jepang dan 3 jenis huruf di dalamnya (sebenarnya 4 karena ada satu lagi, yaitu Romaji atau huruf latin seperti yang kita pergunakan)

Kalau ada yang berminat, di Indonesia, bahasa Jepang adalah salah satu favorit untuk jurusan bahasa asing. Beberapa universitas negeri di Indonesia memiliki jurusan bahasa asing ini, seperti Universitas Indonesia, Universitas Pajajaran, dan Universitas Gajah Mada.

Kalau untuk universitas swasta, Universitas Bina Nusantara , dimana beberapa rekan kuliah dulu mengajar, menyelenggarakan perkuliahan progran studi ini.

Siapa tahu ada yang berminat untuk belajar bahasanya para samurai.

Rate this article!
Tags: