Mengenal Infinitive dalam bahasa Inggris

Mengenal Infinitive dalam bahasa Inggris

Apa itu infinitive ? Apa fungsinya ? Memang menghapal istilah dalam bahasa Inggris bukanlah hal yang menyenangkan, tetapi tidak mengenal apa itu infinitive akan menulitkan kita dalam membuat sebuah kalimat. Seringkali akhirnya kita bingung ketika harus memakai “tenses” kalau tidak memahami apa itu infinitive.

Infinitive kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti kata kerja dasar. Kata kerja yang belum mengalami perubahan bentuk sama sekali. Bisa juga diartikan sebagai bentuk kamus.

Bentuk kamus karena kata kerja yang ada di dalam sebuah kamus akan selalu dalam bentuk dasar. Biasanya kalau sebuah kamus menuliskan juga bentuk-bentuk lainnya dari sebuah kata kerja, maka akan ada penjelasan agar merujuk kembali ke bentuk asalnya.

Jadi kata-kata seperti work, sleep, study, live, play semua adalah contoh dari infinitive alias kata dasar. Bentuk-bentuk kata kerja tersebut belum berubah.

Bandingkan dengan works, sleeps, studied, lived, played, ini bukanlah bentuk kata dasar karena sudah berubah dari aslinya.

To Infinitive

Apa lagi itu “to infinitive” ? Biasanya dalam pelajaran bahasa Inggris di sekolah-sekolah , murid-murid akan lebih cepat mengerti kata “to infinitive” dan sering tidak mengenal infinitive. Hal itu biasanya untuk mempersingkat waktu saja karena memang hampir sama.

Bedanya antara “infinitive” dan “to infinitive” adalah pada kata “to”. Sebuah infinitive tidak memakai atribut sama sekali sedangkan to infinitive akan selalu ditemani dengan kata “to”.

Nah, to infinitive sendiri sebenarnya sudah menunjukkan hal yang jelas bahwa di belakang kata “to” maka sebuah kata kerja harus dalam bentuk dasar alias infinitive.

Kesalahan yang umum terjadi adalah seperti berikut ini

  • to played football – I want to played football
  • to slept  – She went home to slept
  • to studied math – He was eager to studied math
  • to kicked the ball – He asked his friend to kicked the ball away

Mengapa salah ? Bentuk kata kerja di belakang “to” sudah berubah sedangkan seharusnya di belakang “to” kata kerja harus dalam bentuk asal.

Jadi yang benar adalah

  • I want to play football
  • She went home to sleep
  • He was eager to study math
  • He asked his friend to kick the ball away

Perubahan kata kerja yang terjadi di depan “to” tidak mempengaruhi kata kerja di belakang “to”.

Saya rasa dengan penjelasan singkat ini cukup untuk membuat anda mengenal infinitive dan bagaimana menggunakannya ketika ada di belakang “to”.

 

Semoga bermanfaat.

 

Bogor, 23 Mei 2015

Tags: