Mengenal Temperamen : Apakah Anda Seorang Sanguin Atau Kolerik?

Hippokrates (460 – 370 SM) adalah seorang ahli fisika dari Yunani Kuno dan juga terkenal sebagai Bapak Kedokteran. Hippokrates tercatat sebagai orang yang menemukan mode-mode kepribadian yang dibedakan berdasarkan empat temperamen, yaitu, sanguin, kolerik, flegmatik, dan melankolik. Di bawah ini disebut ciri-ciri untuk sanguin dan kolerik : (untuk flegmatik dan melankolik dapat dilihat di sini)

SANGUIN

Seorang bertipe sanguin biasanya selalu periang dan penuh pengharapan, menganggap segala hal yang dihadapi sebagai sesuatu yang amat penting. Meski, sesaat kemudian, orang sanguin akan segera melupakan hal itu. Orang golongan sanguin jarang bisa menepati janji meski tak berniat untuk mengingkarinya.

Meski kerap acuh terhadap orang yang membutuhkan pertolongan dan merupakan seorang penghutang yang buruk, orang sanguin termasuk golongan yang luwes dan mudah bergaul.

Bakat yang biasanya dimiliki oleh seorang sanguin : aktor, pedagang, dan pembicara

Kelemahan yang dimiliki : tidak memiliki keinginan yang kuat, tidak tenang, tidak disiplin, selalu gelisah, tak dapat diandalkan, egosentris, dan berlebihan.

Kekuatan yang dimiliki : seorang yang peramah, gemar berbicara, bersemangat, senang bergaul, bersahabat, dan periang.

KOLERIK

Seorang bertipe kolerik biasanya mudah untuk dibangkitkan emosinya, tetapi mudah pula kembali tenang bila lawan mengakui kekalahannya. Bukan termasuk golongan orang yang tabah. Ia senang memberi perintah tetapi tak tak suka diganggu dengan pelaksanaan dari perintah yang diberikannya.

Merupakan golongan yang senang dipuji di muka umum dan begitu penuh kebanggan dan cinta diri sendiri. Menyukai semua yang berbau formalitas makanya tak heran bila orang kolerik sangat sopan. Amat memperhatikan penampilan, dan juga sedikit kikir. Mudah sakit hati, apalagi ada orang yang menolak keinginannya.

Bakat yang biasanya dimiliki oleh orang kolerik : produsen, pemborong, pemimpin.

Kelemahan yang dimiliki : seorang yang sarkastis, berjiwa penguasa, tak peduli, sedikit licik

Kekuatan yang dimiliki : berkemauan keras, seorang yang peramah, berjiwa bebas, optimistis, praktis, produktif, tegas, dan berbakat pemimpin.

Jadi, dengan melihat ciri-ciri yang disebutkan di atas, termasuk temperamen yang manakah Anda?..;-)

 

 

 

 

 

Tags: