Mengenal to be dalam bahasa Inggris

Mengenal to be – Ada sebuah istilah yang dalam bahasa Inggris yang sebenarnya tergolong dalam kata kerja atau verb namun dalam pelajaran di sekolah dijadikan sebuah subyek tersendiri. Istilah yang dimaksud adalah “to be”.

Ya, pelajaran bahasa Inggris di sekolah-sekolah lebih sering menekankan bentuk-bentuk turunan dari to be yaitu am, is, are, was were.

Mengenal to be dalam bahasa Inggris

“To be” sebenarnya adalah kata kerja alias verb . Oleh karena itu “to be” juga digolongkan sebagai bagian dari to infinitive. Silakan lihat mengenai¬†mengenal infinitive dalam bahasa Inggris¬†untuk penjelasan lebih lengkap.

Asal kata atau kata dasarnya adalah “Be“. To be adalah sebutan umum untuk mempermudah orang yang belajar mengingatnya saja.

Nah dalam praktek bahasa Inggris “be” memiliki bentuk turunan yang disesuaikan dengan tense yang dipakai. Bentuk-bentuk turunan tersebut adalah

  • to be
  • am
  • is
  • are
  • was
  • were
  • have been
  • has been

Kita mulai penjelasan tentang mengenal to be dalam bahasa Inggris dengan

To be

“Be” bila berada di belakang kata “to”, sama juga dengan infinitive (kata kerja dasar) lainnya harus berada dalam bentuk asal yaitu be. Tidak bisa dipakai bentuk lainnya. “Be” harus tetap menjadi “be” bukan am, is, are, was, were bila ada “to” di depannya.

Contoh kalimat : The book will have to be finished by the time she comes.

Anda tidak boleh menulis The book will have to is finished by the time she comes. Ini salah.

Am

“Am” adalah bentuk “present” (sekarang) dari “be”. Hanya saja, “am” hanya boleh digunakan ketika subyeknya adalah “I”. Selain itu tidak boleh.

Contoh kalimat : I am a teacher . Tidak boleh She am a teacher !

Is

“Is” adalah bentuk “present” (sekarang) dari “be”. “is” dipergunakan bila subyeknya berjumlah “1” (satu). Syarat lainnya, I dan you juga tidak boleh menggunakan “is” meskipun keduanya berjumlah satu. Contoh subyek yang bisa menggunakan “is” adalah he, she, it, atau yang berjumlah 1

Contoh kalimat :

  • She is a student
  • He is lazy
  • Amin is clever

Perhatikan ! Amin and Aman is a student, Ini kalimat yang salah !

Mengapa ? Amin and Aman berjumlah 2 dan bukan satu. Jadi “is” tidak boleh dipergunakan dalam hal ini. Lalu apa bentuk apa yng bisa dipakai. Lihat penjelasan selanjutnya.

Are

“Are” adalah bentuk “present” (sekarang) dari “be”. Berbeda dengan “is”, “are” sebaliknya. Ia dipergunakan bila subyeknya berjumlah lebih dari 1/satu alias jamak atau plural.

Selain berjumlah lebih dari satu are dipergunakan pula untuk “you” meskipun you bisa berarti satu.

Contoh kalimat : Amin and Aman are students . They are clever . Itu adalah kalimat benar.

Was

“Was” adalah bentuk lampau (past) dari “be” dan “is” . Cara pemakaiannya sama dengan cara memakai “is” . Bedanya terletak pada waktunya.

Contoh kalimat : She was sleepy yesterday (Ia mengantuk kemarin.==> sekarang sudah tidak mengantuk) . He was sick two days ago (Ia sakit dua hari yang lalu ==> sekarang sudah sembuh).

Karena kejadiannya terjadi di waktu lampau (sudah berlalu), maka tidak boleh menggunakan “is” melainkan harus “was”.

She is sleepy yesterday adalah contoh kalimat yang salah.

Were

“Were adalah bentuk lampau (past) dari “be” dan “are”. Cara pemakaiannya tidak berbeda dengan bila anda menggunakan “are”. Bedanya terletak pada waktunya

Contoh kalimat : Amin and Aman were students five years ago.

(Amin dan Aman adalah mahasiswa lima tahun yang lalu==> sekarang sudah bukan mahasiswa)

Has been ,have been dan had been

Dalam mengenal to be, ada tiga bentuk lain yang sebenarnya jarang disadari adalah turunan dari “be” atau “to be”. Ketiga bentuk tersebut adalah seperti tersebut di atas, yaitu has been, have been, had been.

Ketiganya dipakai pada jenis kalimat yang menggunakan “Perfect Tenses” baik itu Present Perfect Tense atau Past Perfect Tense.

Untuk kali ini hanya akan diperkenalkan bentuknya saja. Pembahasan mengenai pemakaian to be dalam kalimat dan tenses terkait akan ada di tulisan terpisah.

Demikianlah penjelasan singkat tentang mengenal to be beserta berbagai bentuk turunan/perubahan dari “tobe”

Semoga bermanfaat

 

Bogor, 24 Mei 2015

 

 

Rate this article!
Tags: