Mengenal uncountable noun dalam bahasa Inggris

Apakah anda sudah mengenal uncountable noun ? Ataukah anda masih bingung cara mengetahui sebuah benda termasuk yang bisa dihitung atau tidak?

Baiklah, agar lebih mudah bagi anda untuk mengetahui apa itu uncountable noun kita mulai dengan mengetahui artinya dahulu.

Uncountable noun dalam bahasa Inggris diartikan sebagai kata benda yang tidak bisa dihitung.

Konsep ini sebenarnya sama saja dengan bahasa Indonesia. Hanya saja dalam bahasa Indonesia, hal tersebut tidak diberi label kategori yang jelas. Sementara itu, dalam bahasa Inggris justru kategori kata benda ini memiliki posisi tersendiri dan cara penggunaan yang tersendiri pula.

Sebagai contoh

Dalam bahasa Indonesia, air, gula, kopi, garam adalah kata benda-kata benda yang juga tidak bisa dihitung. Mengapa tidak bisa dihitung, karena bentuknya selalu dalam bentuk butiran yang banyak sekali tak terhingga. Bisa juga berbentuk cairan yang sulit memisahkan partikel-partikelnya.

Konsep yang sama juga ada di dalam bahasa Inggris. Water (air), sugar (gula), coffee (kopi), salt (garam) juga termasuk dalam kategori uncountable nouns alias kata benda yang tidak bisa dihitung.

Sama kan ?

Nah, bedanya dalam bahasa Indonesia tidak perlu ada perlakuan khusus dalam membuat kalimat. Cukup dengan menulis

  • “Ini air”
  • “Itu gula”

Selesai !

Meskipun demikian karena di dalam bahasa Inggris ada istilah singular (tungggal) dan plural (jamak, lebih dari 1), masuk ke dalam kategori manakah uncountable noun tersebut ?

Mengenal uncountable noun

Jawaban dari pertanyaan tersebut di atas bisa dilihat di bawah ini

 

1) Uncountable Noun itu selalu singular/single

Ya. Hal pertama dalam mengenal uncountable noun adalah bahwa kata benda kategori ini selalu dianggap singular. Tidak pernah dianggap lebih dari satu meskipun jumlah butirannya banyak.

Hal ini berkaitan dengan pembentukan kalimat.

Contoh kalimatnya

  • It is water
  • It was┬ásugar
  • It is salt

Perhatikan “to be” yang dipakai adalah “is” dan “was” yang menandakan tunggal. Tidak pernah memakai “are” atau “were” karena uncountable adalah tunggal.

Karena selalu dianggap tunggal/singular, maka uncountable noun tidak boleh ditambah dengan “s” di belakangnya. Penambahan “s” berarti jamak/lebih dari 1.

2. Uncountable noun tidak memakai “a” dan “an”

Perhatikan ! Anda akan salah kalau memakai salah satu dari “a” dan “an”. Logikanya sederhana karena tidak bisa dihitung (alias tidak tentu) maka anda tidak bisa menentukan apakah itu jamak atau plural.

Jadi uncountable dianggap sebagai netral dan tidak memakai salah satu diantara keduanya.

3. Uncountable noun bisa dijadikan countable noun (bisa dihitung)

Betul ! Memang kata benda tak tentu/tak bisa dihitung bisa dijadikan sebagai kata benda yang bisa dihitung.

Caranya ?

Dengan menambahkan satuan di depan uncountable noun. Polanya seperti di bawah ini

satuan – of – uncountable noun

Sebagai contoh

  • A cup of coffee (secangkir/ 1 cangkir kopi)
  • A spoon of salt (sesendok/ 1 sendok garam)
  • A bucket of water (seember air/ 1 ember air)

Sebenarnya yang dihitung bukanlah coffee atau salt atau waternya melainkan satuannya, yaitu cup/spoon/bucket.

Pola yang sama dengan bahasa Indonesia seperti terjemahan disamping masing-masing kalimat. Seember air, sesendok garam adalah konsep yang sama.

Nah demikianlah tentang mengenal uncountable noun atau kata benda yang tidak bisa dihitung/tak tentu dalam bahasa Inggris.

Semoga bermanfaat.

 

Bogor, 22 Mei 2015

 

Tags: