Terpaksa, Saya Harus Menghilangkan Kolom Komentar Pada Blog Dengan Disable Comment V 1.6

Terpaksa. Tidak menyenangkan sebenarnya untuk menghilangkan kolom komentar pada blog ini karena saya menyadari bahwa kolom komentar adalah tempat berinteraksi dengan pembaca.

Sedih banget.

Cuma, sebalnya adalah sejak blog ini dihidupkan kembali Pojok Menulis banjir komentar spam, dalam bahasa Rusia dan bahasa Cina/Tiongkok. Tidak hanya satu atau dua, tetapi dalam sejam bisa 2-3 nyembul di kolom komentar.

Capek juga harus mengawasi setiap kali dan menghapus satu demi satu.

Akhirnya, saya memutuskan untuk mematikan fitur komentar pada blog Pojok Menulis. Paling tidak untuk sementara atau beberapa bulan ke depan.

Lagi pula, blog ini masih dalam tahap pengembangan dan pengisian artikel dan masih jarang yang mampir memberikan komentar. Kalaupun ada yang ingin menyampaikan sesuatu bisa menuju kolom Hubungi Saya untuk bisa mendapatkan email, kalau memang perlu.

Untuk menghilangkan kolom komentar ini, saya pakai Plug In Worpdress bernama Disable Comment versi 1.6. Satu-satunya alasan memakai plugin ini karena dia sudah ditest dan compatible dengan jenis WordPress yang dipakai blog ini.

Hasilnya lumayan, kolom komentar tidak lagi muncul dan komentar-komentar tidak jelas itu tidak lagi muncul atau terlihat.

Maaf ya Kawan. Mau tidak mau. Selama dunia masih penuh orang seperti itu, sepertinya kolom komentar pada blog manapun tidak akan aman.

Hikss..

Tags: