Menulis untuk menyelamatkan lingkungan

Blogger harus dapat memanfaatkan kemampuannya dalam menulis untuk menyelamatkan lingkungan.

Kerusakan alam dan lingkungan di Indonesia sudah sangat parah. Sayangnya masih terlalu banyak anggota masyarakat negeri ini yang tidak pernah menyadari hal tersebut.

Mungkin banyak yang masih menganggap bahwa kerusakan lingkungan hanyalah disebabkan oleh eksploitasi alam untuk kepentingan komersial. Padahal rusaknya lingkungan justru sangat sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Pelakunya adalah kita-kita semua ini.

Contohnya seperti kebiasaan membuang sampah sembarangan. Bukan hal yang aneh bila kita menemukan orang melemparkan botol atau gelas plastik bekas air mineral tidak pada tempatnya. Tidak pernah menjadi perhatian kita ketika seseorang membuang oli bekas pakai ke dalam saluran air.

Laut , sungai , saluran air seakan menjadi sebuah tong sampah bersama.

Hal-hal seperti ini jarang terpikirkan sebagai tindakan yang merusak lingkungan. Tindakan-tindakan ini sudah dianggap biasa dan seringkali dimaklumi. Sayangnya, apa yang dianggap biasa tersebut akan berakhir dengan rusaknya lingkungan di sekitar kita.

Untuk itulah sebenarnya para blogger bisa melakukan sesuatu.Hal-hal tersebut disebabkan karena masih rendahnya kesadaran masyarakat Indonesia terhadap lingkungannya. Mereka masih menganggap hal tersebut sebagai hal lumrah. Padahal sama sekali tidak.

Blogger dikenal sebagai orang yang memilki kemampuan dalam menulis. Keunggulan yang sudah terbukti dapat membuat dan menginspirasi orang lain. Hal tersebut bisa dimanfaatkan terutama dalam dunia dimana internet dan membaca blog sudah merupakan kegiatan sehari-hari.

Kemampuan blogger dalam menulis tersebut bisa dimanfaatkan untuk menggugah kesadaran masyarakat dalam memperlakukan lingkungannya. Mereka bisa menginspirasi banyak orang tentang betapa pentingnya alam dan membangkitkan kesadaran betapa berbahayanya sebuah lingkungan yang rusak.

Sebuah tulisan dengan 200-300 kata tentang cara membuang sampah yang benar tentu bukan hal yang sulit untuk dibuat. Paling lama akan membutuhkan waktu 20-30 menit saja.

Bayangkan, apabila seorang blogger bisa paling tidak menulis 1-2 artikel tentang lingkungan pada blognya , berapa jumlah tulisan tentang lingkungan yang ada di dunia maya?

Indonesia tercatat memiliki 5 juta blog. Dengan masuknya 1 saja artikel pada setiap blog, maka akan ada 5 juta tulisan tentang alam atau lingkungan. Kalau diasumsikan 1 artikel bisa menyadarkan 1 orang, maka akan ada 5 juta orang yang akan tergerak. Mungkin mereka juga kemudian akan membuat blog mereka sendiri . Jumlah tulisan berkaitan dengan penyelamatan lingkungan akan terus bertambah.

Terus dan terus. Bola salju itu akan bisa terus bertambah besar dan akan melibatkan semakin banyak orang. Kesadaran masyarakat akan semakin tinggi dan kita bisa bergerak lebih cepat sebelum lingkungan kita hancur tanpa sisa.

Itulah salah satu alasan untuk tetap memasukkan kategori lingkungan dalam setiap blog yang saya buat. Harapannya sangat sederhana, mudah-mudahan akan ada 1-2 orang yang tergugah. Tergugah untuk ikut serta membangkitkan menyelamatkan lingkungan di sekitar kita.

Bila anda membaca tulisan ini, dan seorang blogger saya berharap anda bisa ikut serta menulis untuk menyelamatkan lingkungan kita. Satu artikel tidak akan merusak tema apapun yang anda buat. Tidak akan menyita waktu anda terlalu banyak. Cukup 1, meskipun semakin banyak semakin baik tetapi sumbanglah satu artikel tentang lingkungan pada blog anda.

Bogor, 6 Juni 2015

Tags: