Menunggang Gajah di Phuket

Menunggang gajah adalah salah satu atraksi yang ditawarkan industri pariwisata di Thailand. Turis akan dibawa berkeliling ke berbagai tempat seperti sungai, kebun dan hutan di atas seekor gajah ditemani seorang pawang. Paling lama sebuah perjalanan memakan waktu 20-30 menit.

Selama perjalanan terdapat beberapa tempat penjual buah-buahan seperti pisang. Turis dapat membelinya untuk memberi makan gajah yang mereka naiki.

Idenya sebenarnya sangat sederhana. Thailand dikenal sebagai sebuah negara yang memiliki jumlah gajah cukup banyak. Dibandingkan hanya menaruh gajah di belakang kerangkeng besi, mereka mengemasnya sehingga memberikan kesan tersendiri bagi para turis asing

Merasakan sendiri goyangan di tempat duduk ketika gajah sedang melangkah, membuat sensasi aneh yang pasti akan menjadi kenangan sendiri. Apalagi ketika belalainya mengarah ke belakang ketika sang gajah tahu bahwa kita sudah membeli buah-buahan untuk mereka.

Semuanya akan memberi memori yang akan selalu diingat seorang turis. Sudah pasti kesannya akan berbeda dibandingkan hanya memandangi mereka di balik jeruji besi.

Ide menunggang gajah ini sebenarnya bisa diterapkan di Indonesia. Masih ada cukup banyak gajah di negara ini baik di hutan atau di balik kerangkeng kebun binatang.

Kalau ini bisa diterapkan, ada beberapa keuntungan

1. menarik turis asing

Jelas, atraksi seperti ini akan mengundang para turis untuk mencoba. Pengalaman ini sangat unik sekali dan tidak akan dilewatkan para turis

2. memberi pemasukan

Semakin banyak turis mencoba, semakin banyak pemasukan bagi sang pawang dan agen wisata. Devisa akan mengalir

3. mengurangi ongkos memberi makan gajah

Dengan ketersediaan penjual buah sepanjang perjalanan menunggang gajah, maka turis seperti diundang untuk memberi makan tunggangannya. Alhasil, semakin banyak yang memberi makan, maka gajah akan merasa kenyang. Jatah makan mereka yang sudah dibudgetkan bisa berkurang

4. meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan

Pengunjung atau turis akan berinteraksi dengan sang tunggangan selama perjalanan. Hal ini bisa meningkatkan kesadaran bahwa mereka tentang kehidupan makhluk lain di alam.

Mungkin dianggap remeh tetapi interaksi dengan binatang cenderung meningkatkan rasa sayang manusia terhadap mereka. Sebuah hal yang sangat diperlukan untuk membangun kesadaran dunia ini terhadap alam dan makhluk selain manusia di dalamnya

 

Setidaknya itulah yang saya rasakan ketika menunggang gajah di Phuket beberapa waktu yang lalu. Sayangnya atraksi tersebut jarang ada disini. Kalau harus pergi ke Thailand lagi , mahal ongkos kesananya, menunggang gajahnya sendiri murah!

Rate this article!
Tags: