MERKURIUS : Si Bintang Pagi Dan Senja

Merkurius, Si Bintang Pagi dan Senja adalah planet yang paling dekat jaraknya dengan Matahari. Merupakan planet terkecil dalam tata surya. Orbitnya amat dekat dengan Matahari. Berbeda dari planet-planet lain, seperti Bumi dan Venus yang memiliki orbit hampir berupa lingkaran, Merkurius memiliki orbit eliptis (lonjong telur).

Terdapat perbedaan yang sangat besar antara jarak terdekat dengan jarak terjauhnya dari Matahari. Karena paling dekat Matahari, peredaran planet ini mengelilingi Matahari lebih cepat daripada peredaran planet lain, yaitu satu kali, setiap 88 hari Bumi.

Merkurius adalah planet yang sangat kecil. Karena jaraknya yang dekat dengan Matahari, planet ini sulit diamati tanpa teleskop.

Sewaktu Merkurius dan Bumi mengedari Matahari, Merkurius dapat dilihat sebagai bintik bulat cemerlang, saat planet ini berada di seberang Matahari. Tetapi, kecemerlangan Matahari membuat sulit untuk mengamati planet ini. Pada waktu lain, Merkurius dapat dilihat seperti fase Bulan, yaitu nampak hanya bagian yang disinari oleh Matahari. Sewaktu tepat berada di antara Matahari dan Bumi, Si Bintang Pagi ini tampak sebagai titik hitam kecil.

Di Merkurius, tidak ada atmosfer sehingga cahaya dari Matahari tidak dapat diserakkan. Akibatnya, langit kelihatan gelap seperti di angkasa lepas. Karena planet ini dekat dengan Matahari, suhu pada siang harinya sangat tinggi. suhunya kira-kira bisa mencapai 329ºC, tetapi amat dingin di waktu malam (sebab, suhunya turun menjadi -27ºC).

Menurut para ahli, bahan pembentuk Merkurius (seperti halnya planet-planet kecil lainnya) adalah bebatuan dan bahan dominan pembentuk planet ini adalah zat besi (sebesar 58%), yang berpusat di bagian inti.

Permukaan di Merkurius lebih kurang sama dengan permukaan Bulan, seperti terdapat kawah-kawah asteroid dan tebing puluhan kilometer tingginya. Di permukaan planet ini, matahari terlihat dua setengah kali lebih besar daripada ukurannya di Bumi.

Dari permukaan Merkurius, Venus dan Bumi terlihat seperti bintang yang sangat cerah.

Data-data Merkurius :

  1. Jarak dari matahari : 58.000.000 km
  2. Diameter : 4.879,4 km
  3. Volume : 0,055 isi bumi
  4. Massa : 0,055 massa bumi
  5. Kepadatan : 5,3 (air = 1)
  6. Suhu permukaan : 329ºC pada siang hari
  7. Gravitasi : 0,37 daya tarik bumi
  8. Periode rotasi : 58,646 hari
  9. Periode revolusi : 88 hari
  10. Kecepatan pada orbit : 47,9 km/detik
  11. Kecepatan edar : 4,2 km/detik
  12. Satelit : tidak ada

^_^

 

 

Rate this article!
Tags: