Mulailah Dengan Menulis Artikel Pendek

Selamat Pagi, Kawan Pojok!

Baru mulai belajar ngeblog? Boleh saya saran satu hal? Mulailah dengan menulis artikel pendek saja. Tidak perlu panjang-panjang, cukup 200 sampai 300 kata saja per artikel.

Begini.

Salah satu hal yang saya pelajari selama menjadi blogger dan wara wiri di dunia ini, salah satu hal yang paling membosankan adalah membaca tulisan panjang yang tidak tentu ujung pangkalnya. Tidak masalah sebenarnya kalau tulisan tersebut tidak membosankan dan menarik, tetapi kebanyakan, sayangnya tidak demikian.

Kebanyakan yang saya baca terlalu banyak “kembang-kembangnya” alias bertele-tele dan tidak tidak fokus. Bahkan banyak yang basa-basinya memenuhi 5/6 tulisan dan intinya baru sisanya.

Berdasarkan hal itulah, saya ingin menyarankan bagi Anda yang baru hendak memulai, untuk mengawalinya dengan berlatih menulis artikel pendek selama beberapa waktu.

Tujuannya adalah untuk membiasakan diri untuk

1) Membiasakan menulis dengan lugas dan to the point

Pembaca yang browsing di internet adalah kebanyakan pencari informasi (tidak semua, tetapi mayoritas). Mereka tidak butuh tulisan yang bertele-tele.

To the point dan informatif, itulah yang kebanyakan dicari. Dengan menulis artikel pendek, maka kita akan bis amenghilangkan kecenderungan bertele-tele.

2) Membiasakan mempersempit ide

Secara otomatis kalau jumlah kata terbatas, kita akan terbiasa juga untuk mencari topik yang sempit.

Topik yang luas akan seringkali berujung pada tidak fokus dan melebar kemana-mana dan akhirnya membuat tulisan tidak fokus. Dengan mempersempit ide, hasilnya tulisan akan fokus pada satu titik saja tanpa menghilangkan unsur otomatis.

Kita akan terbiasa tidak melebar.

Apakah menulis artikel pendek akan bisa mendatangkan pembaca? Coba lihat media berita online dan lihat sendiri berapa kata maksimum yang dipergunakan pada kebanyakan artikel.

Bahkan artikel ini saja jumlah katanya lebih banyak dari media online.

Buktinya lagi, Anda sedang membaca artikel ini.

Cobalah membiasakan diri untuk menulis artikel pendek sebagai langkah awal sebelum kemudian mencoba menulis artikel panjang.

Bagaimana? Coba cek saja berapa kata yang dipakai artikel ini.

Tags: