Para Pemeluk Pohon – www.treehugger.com

“Para pemeluk pohon” bukanlah nama sebuah sekte. Memang nama yang diambil sangat unik sehingga mengundang perhatian. Nama tersebut mencerminkan sebuah idealisme dari pendirinya.¬†Idealisme pendirinya tentang sebuah kelestarian alam dan lingkungan.

Istilah “para pemeluk pohon” sendiri merupakan terjemahan saya sendiri terhadap nama aslinya dalam bahasa Inggris, yaitu “treehugger”. Nama blog atau websitenya sendiri adalah www.treehugger.com .

Blog ini didirikan oleh seorang bernama Graham Hill. Ia sebenarnya bukanlah seorang ahli lingkungan. Graham Hill merupakan seorang lulusan Universitas Carleton di Ottawa, Kanada dengan jurusan Arsitektur dan memegang gelar Bachelor of Architecture. Ia memulai blognya di tahun 2004.

Kepeduliannya lahir dari kesadarannya akan semakin rusaknya alam dan lingkungan di dunia ini. Untuk itulah blog “para pemeluk pohon” dilahirkan. Di dalam blognya, ia menulis banyak hal yang terkait dengan alam dan lingkungan.

Berbagai berita terkait dengan lingkungan dan alam memenuhi isi blognya. Dalam blognya ia juga menulis mengenai berbagai hal tentang pengolahan limbah, pemanfaatan sampah, tehnik penghematan energi dan segala sesuatu yang terkait dengan hal-hal tersebut.

Dalam perjalanannya, www.treehugger.com juga menerima berbagai tulisan dari blogger-blogger yang memiliki pandangan dan idealisme yang sama. Para blogger pemerhati lingkungan menyumbang banyak sekali tulisan bagi blog ini.

Blog-nya sendiri terlihat sederhana. Navigasinya hanya dibuat berdasarkan kategori tulisan di dalamnya. Terdapat kategori transportasi, tehnologi, science, bisnis dan sebagainya yang kesemuanya berkaitan dengan kelestarian alam dan lingkungan.

Berbagai trik atau pemecahan masalah terkait lingkungan dibahas di dalam blog ini.

Ketenaran “para pemeluk pohon” atau treehugger.com

Meskipun mengambil niche yang bukanlah sebuah niche menguntungkan, treehugger.com ternyata sangat populer.

Bila dilihat dari ranking Alexa, posisinya berada di 6,311 Dunia dan 2,633 di Amerika Utara/Serikat. Sebuah peringkat yang sangat bagus.

Hal ini menunjukkan tingkat kesadaran manusia di kawasan Amerika Utara semakin tinggi terhadap kesadaran lingkungan dan pelestarian alam.

O ya, kalau melihat blog-nya maka “para pemeluk pohon” ini juga merupakan Google Adsense Publisher meskipun tidak diketahui berapa besar penghasilannya.

Berapapun penghasilannya, informasi yang disampaikan blog ini tentu sangatlah bermanfaat bagi dunia di masa depan.

Sebuah hal yang patut ditiru.

Salah satu bagian dari blog ini memang terinspirasi oleh blog-nya Graham Hill ini. Memang sudah saatnya manusia menyadari bahwa alam dan lingkungan di sekitar kita semakin rusak akibat ulah kita sendiri.

Untuk itulah sebagai seorang blogger, saya berharap dengan menulis sesuatu tentang lingkungan akan bisa menggugah 1 atau 2 orang tentang pentingnya menjaga lingkungan dan alam.

Mungkin dengan cara itu para pemeluk pohon dapat terus bertambah jumlahnya.

 

Bogor, 10 Juni 2015

 

 

Tags: