Pengertian Blog secara sederhana

Terus terang saya akan cukup heran kalau anda masih mencari tahu pengertian “blog”. Kata ini seharusnya sudah merupakan sesuatu yang umum di zaman internet seperti sekarang ini. Bila anda tidak mengetahuinya, justru menimbulkan kebingungan tersendiri bagaimana anda bisa tidak mengetahuinya.

Namun demikian, okelah apapun alasan anda saya akan terima. Dengan senang hati akan saya coba jelaskan tentang apa itu “blog”.

Pengertian Blog

Blog itu adalah “media untuk menulis“. Titik bukan koma.

Hanya itu ? Ya, hanya itu saja. Sejak awal lahirnya hingga saat inipun blog itu masih mewarisi fungsi asalnya yaitu sebagai media untuk menulis.

Bedanya dengan menulis yang biasa kita lakukan sehari hari adalah terletak pada media dan siapa yang membacanya.

Media

Biasanya kita menulis dengan kertas+pulpen atau komputer dengan aplikasi/software Microsoft Words/Excel dan lain sebagainya. Kemudian kita simpan dan kita akan memberikannya kepada siapa yang bisa membacanya.

Dalam Blog, anda tidak memerlukan semua itu. Yang anda perlukan adalah komputer, jaringan internet dan aplikasi web/internet browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer.

Internet browser tersebut akan mengakses aplikasi terpisah untuk blog.

Jadi anda tidak perlu lagi kertas+pulpen atau word processor seperti MS Word dan lain sebagainya.

Pembaca

Berbeda dengan hasil tulisan anda di atas kertas atau komputer tanpa jaringan internet, anda bisa memilih siapa yang boleh untuk membacanya. Apakah hanya kekasih anda? Orangtua anda ? si bos? ataukah semua orang?

Pada blog, kecuali anda membuat settingan khusus, maka tulisan anda akan langsung terkait dengan jaringan web dunia. Semua orang akan bisa membacanya bila mereka menemukannya.

Jadi biasanya, seorang yang membuat tulisan di blog mereka biasanya ingin agar tulisan tersebut terbaca oleh banyak orang. Justru semakin banyak orang yang membaca akan semakin senang si penulis.

Itulah pengertian blog secara garis besar. Hal tersebut memang sesuai dengan nama awalnya ketika pertama kali diciptakan tahun 1997 yaitu weblog. Bila diartikan kata perkata, “web” adalah istilah umum untuk situs internet dan “log” adalah catatan (dan catatan selalu tentang menulis).

Apa yang bisa ditulis di blog ?

Apapun yang anda inginkan ! Anda ingin memperlihatkan keluh kesah dalam berumah tangga ? Anda ingin memamerkan kepandaian anda dalam sesuatu hal ? Anda ingin menjual barang dagangan anda ? Semuanya terserah anda.

Batasannya hampir tidak ada.

Meskipun demikian karena tulisan anda terbuka untuk umum, maka anda harus memperhatikan mengenai peraturan dan hukum tentang berinternet. Peraturan dan hukum tersebut juga berlaku pada anda bila anda menulis di blog.

Jadi pastikan bahwa apa yang anda tulis tidak melanggar hukum.

Dimana kita bisa membuat blog ?

Sudah banyak penyedia layanan untuk membuat blog. Nama-nama yang sudah beken seperti WordPress, Blogger (blogspot), Tumblr, dan masih banyak lainnya.

Deretan nama tersebut menyediakan layanan blog secara gratis bagi semua orang dengan akses ke internet. Anda cukup mendaftarkan nama, alamat email serta beberapa detail diri anda. Setelah itu hanya dalam hitungan detik (tergantung kecepatan jaringan internet anda) anda sudah bisa memiliki sebuah blog.

Meskipun demikian masing-masing layanan tersebut memiliki peraturan yang harus dipatuhi selama anda “nge-blog” disana.

Bisa juga anda membuat blog tanpa layanan tersebut. Caranya dengan membeli nama “domain” dan menyewa server untuk hosting / “rumah tinggal” domain anda. Caranya sedikit lebih rumit tetapi ada sisi keuntungan dari memiliki blog terpisah dari layanan blog tersebut di atas.

Keuntungannya anda tidak terikat oleh aturan pada layanan tersebut. Anda terikat hanya pada perjanjian sewa dengan penyedia hosting anda.

Itulah pengertian blog secara sederhana saja.

Bila anda ingin mengetahui sejarah asal mula blog, bisa anda langsung cari sejarah “blog” pada browser anda. Ribuan tulisan mengenai asal muasal blog akan bisa ditemukan. Silakan pilih mana yang anda suka.

Bagi saya sendiri pengertian blog cukup sebatas sebagai tempat/media untuk menulis.

Semoga bermanfaat.

 

Bogor, 24 Mei, 2015

 

 

Rate this article!
Tags: