Pengertian Tenses dalam bahasa Inggris

Pengertian tenses

Pengertian Tenses adalah bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris untuk menunjukkan waktu (sekarang, masa depan, atau masa lalu) terjadinya suatu perbuatan atau peristiwa. 

Sudah bisa menangkap maksud dari pengertian tenses seperti di atas belum ? Kalau belum, lupakan saja pengertian di atas. Daripada anda bingung sendiri untuk menangkap artinya. Itu kutipan standar awal mengenai tenses di berbagai website tentang belajar bahasa Inggris.

Supaya anda bisa ingat dengan mudah, pengertian tenses bisa dipersingkat dalam dua kata saja, yaitu waktu dan kata kerja. Memang itulah inti dari tenses dalam bahasa Inggris. Setiap perubahan waktu saat berbicara maka akan terjadi perubahan kata kerja.

Seberapa penting tenses dalam bahasa Inggris ?

Saya sudah jelaskan pada tulisan sebelumnya berjudul pemakaian tenses dalam bahasa Inggris – perlukah?  mengenai betapa penting tenses dalam bahasa Inggris. Meskipun demikian, saya akan tambahkan sebuah contoh lagi dengan memakai kalimat yang sangat sederhana saja, memakai it.

  • It is a pen (itu adalah sebuah pulpen)
  • It was a pen (itu dulunya sebuah pulpen, tapi sekarang bukan lagi sebuah pulpen mungkin sudah terinjak atau terlintas mobil)

Bahkan dalam kalimat paling sederhana dengan memakai “it” saja diperlukan pemakaian tense. Bagaimana anda akan bisa membuat kalimat bahasa Inggris secara benar kalau tanpa memakai tenses.

Lihat pula dengan perubahan “is” ke “was” saja sudah menunjukkan arti yang berbeda. Lalu tanpa mengerti tense, bagaimana anda bisa menangkap apa yang disampaikan lawan bicara dengan benar.

Itu hanya untuk menjelaskan betapa pentingnya tenses dalam bahasa Inggris

Kategori tenses dalam bahasa Inggris

Ada berapa kategori tenses dalam bahasa Inggris ? Enam belas?

BUKAN !

Tenses dalam bahasa Inggris hanya ada tiga saja. Bukan enam belas. Hanya ada 3 kategori besar saja PAST, PRESENT, FUTURE.

PAST = berkaitan tentang sesuatu di masa lampau/sudah lewat

Penjelasan sederhana : anda ingin berbicara tentang masa kecil anda, cerita mengenai kunjungan wisata anda minggu lalu, cerita tentang kemarin anda pergi kemana, nah kategori PAST inilah yang nanti harus anda pergunakan

PRESENT : berkaitan dengan sesuatu yang terjadi di masa kini/sekarang

Penjelasan sederhana : anda ingin berbicara tentang apa yang sedang anda kerjakan sekarang, hari ini, atau sudah anda lakukan sejak beberapa waktu yang lalu hingga saat ini, kategori PRESENT inilah yang harus dipergunakan

FUTURE : berkaitan dengan sesuatu yang AKAN anda lakukan

Penjelasan sederhana : anda berencana pergi ke Bali tahun depan, berniat membeli rumah baru, kategori FUTURE akan pas untuk mengatakan hal tersebut.

Itu pengertian tenses dalam bahasa Inggris secara sederhana saja. Masing-masing nanti akan dibagi lagi sesuai dengan apa yang akan anda sampaikan. Hanya saja patokannya memang sesederhana itu bahwa Tenses adalah berkaitan dengan waktu dan perubahan kata kerja. Tenses dibagi menjadi tiga kategori besar yaitu PAST, PRESENT, FUTURE.

Baru setelah itu ada lagi bagaimana mengucapkan “kalimat ini” dan “kalimat itu” dalam bahasa Inggris dengan memakai Tenses yang benar.

Untuk sementara ini cukup demikian pengertian tenses dalam bahasa Inggris

 

Semoga bermanfaat.

 

Bogor, 31 Mei2015

Tags: