Profesi Yang Cocok Untuk Lulusan Jurusan Bahasa Asing

Pada dasarnya mayoritas orang memilih memasuki sebuah universitas atau akademi bertujuan, selain mendapatkan ijazah Sarjana, adalah agar di kemudian hari mereka akan mudah mendapatkan pekerjaan.

Oleh karena itu mereka berlomba-lomba agar dapat diterima di universitas dan fakultas favorit agar kesempatannya semakin besar di masa yang akan datang.

Jurusan bahasa asing atau fakultas sastra masih belum menjadi salah satu favorit yang banyak diminati orang. Alasan utamanya adalah karena banyak yang meragukan hal itu dapat memudahkannya mendapatkan pekerjaan.

Mungkinkah seseorang mendapatkan pekerjaan hanya dengan memiliki kemampuan berbahasa asing?

Profesi Yang Cocok Untuk Lulusan Jurusan Bahasa Asing

Sebenarnya banyak. Tak terbatas. Tergantung pada kreatifitas dan kemauan dari orangnya.

Jenis pekerjaan dan lapangan kerja yang ada, apalagi di masa globalisasi sekarang ini memberikan ruang yang hampir tak terbatas bagi lulusan jurusan bahasa asing untuk mendapatkan pekerjaan, berkarir, dan memiliki masa depan yang cerah.

Semuanya tergantung pada kemauan dan kerja keras.

Paling tidak di masa sekarang ada 10 profesi yang cocok untuk lulusan jurusan bahasa asing.

1) Guru / Dosen

Globalisasi menyadarkan banyak orang bahwa suatu waktu mereka akan berkompetisi dengan orang-orang dari seluruh dunia, yang tentunya memiliki kemampuan berbahasa yang beragam.

Hal ini mendorong peningkatan kebutuhan akan pengetahuan dan skill berbahasa asing di hampir setiap negara, termasuk Indonesia.

Efek berantainya adalah kebutuhan akan mereka yang bisa mentransfer pengetahuan, mengajar bahasa asing pun meningkat.

Profesinya bisa formal seperti guru di sekolah atau dosen di universitas/akademi atau guru di kursus-kursus hingga guru privat.

2. Diplomat

Departemen Luar Negeri adalah satu instansi yang paling membutuhkan tenaga yang memiliki keterampilan berbahasa asing.

Tugas dan tanggung jawab mereka menjalin hubungan dengan negara-negara asing akan selalu memerlukannya merekrut orang-orang yang mengerti tentang bahasa dan cara untuk berkomunikasi dengan orang-orang dari negara lain.

3. Sekretaris

Tentunya, seorang sekretaris dengan kemampuan berbahasa asing, entah Inggris, Perancis atau yang lainnya akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi perusahaan.

Hal itu akan mempermudah komunikasi di jajaran petinggi perusahaan dengan klien.

4.  Penterjemah

Tentu saja terkadang menyulitkan kalau sebuah buku yang asalnya, misal,  berbahasa Inggris diterbitkan di Indonesia. Pangsa pasarnya menjadi kecil karena keterbatasan orang yang mampu berbahasa Inggris.

Tetapi, dengan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia, maka semua orang di Indonesia akan bisa membacanya.

Silakan saja hitung sendiri berapa buku, komik, film yang berasal dari luar negeri dan dikonsumsi oleh rakyat Indonesia dalam bahasa setempat.

Belum ditambah dengan berbagai dokumen hukum dan perdagangan yang smeakin lama semakin banyak seiring dengan pertumbuhan jual beli antar negara.

5. Penjual/Salesman(woman) untuk pasar luar negeri

Pemerintah terus menggalakkan ekspor atau penjualan ke luar negeri. Padahal kebanyakan pembeli di luar tidak bisa berbahasa Indonesia.

Lalu, bagaimana cara berkomunikasinya?

Posisi sebagai tenaga marketing untuk pasar luar negeri terbuka sangat luas bagi lulusan jurusan bahasa asing.

Saya sendiri merupakan salah satunya dan pekerjaan ini memungkinkan saya sempat menyambangi 14 negara. Sangat potensial.

6. Karyawan

Semua juga bisa menjadi karyawan. Tetapi, penguasaan sebuah bahasa asing oleh seseorang akan memberikannya nilai plus pada saat penerimaan pegawai dan di saat mereka bekerja (selain performance, tentunya)

Lagipula, seiring dengan derasnya arus investasi asing ke Indonesia, maka terlihat bahwa ketersediaan lowongan pekerjaan untuk mereka yang mampu berbahasa asing pun terus meningkat.

7. Tour Guide / Pemandu Wisata

Pariwisata adalah satu sektor yang mendapat perhatian khusus dari pemerintah Indonesia untuk menghasilkan devisa. Turis mancanegara seperti dipermudah dan diundang untuk menikmati keindahan alam Indonesia.

Tentunya, para turis tersebut akan merasa nyaman dan senang jika mereka ditemani dan diberi penjelasan tentang sesuatu hal dalam bahasa mereka sendiri.

Sekarang sudah banyak sekali agen wisata yang menyediakan pemandu yang mampu berbahasa asing tertentu.

8. Pramugari/Pramugara

Jika Anda sering bepergian dengan menggunakan maskapai penerbangan asing, terkadang mungkin Anda heran saat penjelasan atau informasi disampaikan dalam bahasa Indonesia.

Jangan.

Banyak dari maskapai penerbangan dalam dan luar negeri yang mempekerjakan staff atau kru pesawat yang memiliki kemampuan dwi bahasa, yaitu bahasa asal maskapai tersebut dan bahasa Indonesia.

Begitupun sebaliknya, maskapai penerbangan Indonesia menggunakan tenaga yang mampu berbahasa asing sesuai dengan negara tujuan.

9. Wartawan/Jurnalis

Dengan pengetahuan tentang tata cara, adat istiadat sebagai tambahan skill berbahasa asing, tentunya akan memudahkan menggali informasi bagi seorang jurnalis atau wartawan untuk mendapatkan informasi.

Belum ditambah dengan kemampuan menggali referensi dalam bahasa asing.

Banyak usaha media dan penerbitan yang mencari tenaga-tenaga yang memiliki kemampuan dwi atau tri bahasa sekaligus.

10. Pedagang

Kalau memang tidak berniat untuk bekerja pada orang lain, mungkin profesi pedagang bisa menjadi pilihan.

Ketersediaan internet memungkinkan seseorang melakukan perdagangan dengan orang-orang di luar Indonesia tanpa kecuali. Masalah utamanya adalah dalam bahasa.

Tentunya bagi seorang lulusan jurusan bahasa asing sebuah universitas, hal ini tidak akan menjadi masalah. Ia sudah pasti setidaknya akan menguasai dua bahasa.

Hal itu tentunya akan mempermudah negosiasi dan pemasaran dari produk yang dijualnya.

Masih banyak lagi profesi yang sebenarnya membuka peluang bagi lulusan jurusan bahasa asing.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, saya sendiri adalah lulusan jurusan bahasa asing di Universitas Indonesia. Selama 20 tahun lebih menjadi karyawan bagian sales atau pemasaran, banyak sekali pengalaman yang menunjukkan bahwa kesempatan bekerja bagi lulusan jurusan bahasa asing jauh lebih luas daripada yang pernah dibayangkan banyak orang.

 

Tags: