RamuanTradisional Pengundang Kantuk

Salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting adalah tidur. Bagaimanapun, tubuh kita perlu beristirahat. Tetapi, saat ini,  kebutuhan akan tidur sering diabaikan. Jangankan untuk mendapatkan kenyamanan tidur, memejamkan mata pun terkadang sangatlah sulit. Padahal, bila kebutuhan akan tidur ini tidak terpenuhi, dapat berakibat buruk untuk kesehatan.

ramuan tradisional pengundang kantuk

gambar diambil dari www.pixabay.com

Kesulitan untuk tidur dapat disebabkan karena seseorang menderita insomnia. Penyebab insomnia sendiri, selain karena faktor depresi juga bisa karena pengaruh minuman keras atau minuman yang banyak mengandung kafein, penggunaan obat tidur atau obat penenang dalam jangka waktu yang lama, juga obat penurun darah tinggi. Meski untuk mengatakan seseorang mengidap insomnia masih diperlukan pemeriksaan yang lebih seksama.

Untuk mengatasi gangguan tidur, daripada bergantung kepada obat-obatan kimia, ada beberapa tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk membuat tidur menjadi nyaman. Berikut di bawah ini ramuan alami yang dapat digunakan untuk mengundang kantuk dan kenyamanan tidur.

pala

  • senyawa aromatik yang terdapat di dalam biji dan bunga pala, seperti myristicin, elimicin, dan safrole sebesar 2-18% dapat merangsang tidur berkhayal (dengan dosis 5 gram). Disarankan untuk tidak mengonsumsi banyak-banyak. Karena, jika mengonsumsi sekitar 8 gram (setara dengan 2 buah biji atau bunga pala), akan berubah menjadi narkotik yang berbahaya, bahkan bisa merenggut nyawa.
  • resep untuk mengundang kantuk :
    • 1 buah biji pala segar, kupas kulitnya, cuci bersih, lalu parut. Kemudian, seduh dengan air panas 1/2 gelas. Biarkan hangat, tambahkan 1 sdm madu. Aduk, minum selagi hangat. Resep ini untuk sekali minum. Boleh diminum sebanyak 1 – 2x sehari.
    • 1/4 – 3/4 biji pala kering, tumbuk halus. Seduh dengan 1/2 gelas air panas. Biarkan hangat. Tambahkan madu secukupnya. Aduk, minum selagi hangat. Resep ini untuk 1x minum. Boleh diminum sebanyak 1 – 2x sehari.
    • 1/2 – 1 sdt bunga pala kering diseduh dengan 1/2 gelas air panas. Biarka hangat. Tambahkan madu secukupnya. Aduk, lalu minum selagi hangat. Resep ini untuk 1x minum. Boleh diminum sebanyak 1 – 2x sehari.

adas

Jika tak ada pala, adas bisa menjadi penggantinya. Saat ini, industri-industri farmasi secara resmi telah banyak yang menggunakan adas sebagai bahan untuk obat-obatan. Buah adas memiliki manfaat sebagai obat perangsang, penguat lambung, peluruh dahak, dan peluruh angin. Buahnya juga mengandung flavanoid dan stigmasterol yang berfungsi sebagai antioksidan, antijamur, antibakteri, antivirus. Selain itu juga bisa berfungsi sebagai penenang pada jaringan saraf, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu obat alternatif pengundang kantuk.

  • resep pengundang kantuk menggunakan adas:
    • /4 sdt biji adas dicuci, lalu ditumbuk sampai halus. Seduh dengan 1/2 gelas air panas. Biarkan hangat. Campurkan dengan 1 sdm madu. Aduk, minum selagi hangat. Resep ini untuk sekali minum. Minum sebanyak 1 – 2x sehari.

putri malu

Selain pala dan adas, tanaman putri malu juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengundang kantuk. Siapa nyana, jika tanaman liar satu ini terkenal sebagai daun penenang. Tanaman putri malu dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk insomnia. Di beberapa negara, putri malu bahkan digunakan sebagai obat tradisional untuk kencing berdarah, asma, mencret, penurun gula darah, antiradang, rematik, dan penenang. Putri malu dapat digunakan sebagai obat untuk penambah waktu tidur. Berikut resep alami pengundang kantuk menggunakan tanaman putri malu.

  • resep pengundang kantuk menggunakan tanaman putri malu :
    • segenggam daun putri malu (sekitar 25 – 50 gram) direbus dengan 1 liter air bersih. Rebus hingga air tinggal setengahnya. Biarkan hangat, campur dengan madu secukupnya. Resep ini untuk 2x minum.

Demikianlah sekilas tentang beberapa ramuan tradisional untuk mengundang kantuk. Silakan memilih, apakah mau minum ramuan yang menggunakan pala, adas, atau daun putri malu. 😀 Mudah-mudahan penjelasan di atas dapat membantu dan memberikan manfaat. Dari yang dahulunya sering tidak bisa tidur, mudah-mudahan dengan minum salah satu ramuan di atas, dapat tidur dengan nyenyak. Tetapi, ingatlah seperti yang sering dikatakan oleh salah satu produk obat tidur : tidur bukan lama atau sebentar, yang penting berkualitas. ^_^

Rate this article!
Tags: