SATURNUS : Si Planet Bercincin

Saturnus adalah planet terbesar sesudah Yupiter. Merupakan planet ke enam terdekat jaraknya dari matahari setelah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, dan Yupiter. Cirinya yang paling istimewa adalah cincin tiga serangkai yang mengelilinginya. Cincin atau lingkaran tersebut berbentuk pipih dengan diameter sekitar 272.000 km. Lebar cincin luar itu sekitar 16.990 km. Antara cincin tengah terdapat ruang kosong yang lebarnya hampir 5.000 km. Cincin dalam hampir tak kasat mata dan terpisah dari permukaan Saturnus oleh ruang kosong selebar 11.265 km.

Menurut penyelidikan para ahli, bahan pembentuk cincin tersebut diperkirakan merupakan bongkahan-bongkahan es meteorit, meski kepastiannya menunggu penyelidikan lebih lanjut. Perkiraan tersebut berdasarkan analisa jika cincin tersebut terbuat dari lempengan zat padat, tentu akan hancur oleh gaya sentrifugal. Begitu pula jika cincin tersebut terbuat dari zat cair, tentu akan mengakibatkan munculnya gelombang.

Cincin Saturnus memiliki kemiringan sudut yang sama dengan khatulistiwanya. Sewaktu saturnus mengedari matahari, cincin-cincinnya miring dengan berbagai sudut, tetapi selalu segaris dengan khatulistiwa. Tebal cincin itu kira-kira 15 km. Kalau tepat segaris dengan kedudukan Bumi, cincin itu tak dapat diamati, bahkan dengan teleskop sekalipun.
Atmosfer Saturnus sangat pekat. Sebagian besarnya berupa Hidrogen. Gas lainnya adalah Helium, Metana, dan mungkin kristal amoniak beku. Kerapatan Saturnus paling rendah di antara planet. Besarnya kira-kira dua per tiga kerapatan air, sehingga planet itu akan terapung di air.

saturnus memiliki 59 buah satelit, dan Titan merupakan satelit terbesarnya. Titan lebih besar aripada planet Merkurius dan satu-satunya satelit yang memiliki atmosfer yang tebal.

Setiap 378 hari, Bumi, Saturnus, dan Matahari akan berada dalam satu garis lurus.

Data-data Saturnus :

  1. Jarak dari matahari : 1.427.000.000 km
  2. Diameter : 120.200 km
  3. Volume : 755 isi bumi
  4. Massa : 95,2 massa bumi
  5. Kepadatan : 0,70 (air =1)
  6. Suhu permukaan : -145 dercel
  7. Gravitasi : 1,2 daya tarik bumi
  8. Periode rotasi : 10,23 jam
  9. Periode revolusi : 29,5 tahun
  10. Kecepatan pada orbit : 9,6 km/detik
  11. Kecepatan edar : 37 km/detik
  12. Jumlah satelit : 59 buah, di antaranya adalah Encelaus, Mimas, Tethys, Dione, Rhea, Titan, dan Iapetus.
Rate this article!
Tags: