Seputar Hal Menarik Tentang Duyung

Ikan duyung atau Putri duyung?..he..he..ikan duyung, meski sering disebut dengan sebutan ikan tetapi sebenarnya duyung tidak termasuk ikan, lho! Jadi, termasuk apa, dunk?..Di bawah ini seputar hal menarik tentang duyung.

 

Seputar hal menarik tentang duyung

Duyung adalah mamalia laut. Sepintas, penampilannya memang seperti lumba-lumba gemuk atau anjing laut dengan tubuh membengkak. Faktanya lagi, duyung bernapas dengan paru-paru sehingga ia mampu bertahan cukup lama di darat. Selain itu, hewan laut ini juga memiliki sepasang sirip depan yang menyerupai tangan. Sepasang sirip itu berfungsi sebagai pendayung ketika mereka berenang lambat di air.

Duyung memiliki panjang tubuh sekitar 3 meter, berat tubuhnya sekitar 300 kg. Berkepala bundar yang dihiasi sepasang mata kecil dan lubang hidung pada bagian atas moncongnya. Bulu-bulu tegak yang tumbuh di atas bibir berguna untuk membantunya meletakkan makanan. Penglihatan duyung terbatas tetapi memiliki pendengaran yang sangat bagus.

Habitat duyung tersebar di wilayah sekeliling Samudera Hindia dan Pasifik Barat. Di Indonesia, habitat duyung dapat dijumpai di Taman Nasional Gunung Plaung, Kalimantan Barat.

Duyung ada yang memakan rumput laut dan akar-akaran tanaman akuatik, ada juga yang suka memakan ikan. Dalam sehari, mereka bisa menghabiskan sekitar 25-20 kg rumput laut. Makanya, duyung pemakan rumput laut ini kadang disebut juga sebagai sapi laut. Mereka lebih senang berenang di perairan dangkal karena di tempat itu terdapat banyak rumput laut. Sementara, bagi duyung yang suka memakan ikan lebih sering berada di perairan dalam.

Duyung terancam punah

Keberadaan duyung saat ini semakin langka dan terancam punah. Selain karena reproduksinya yang tergolong rendah juga karena ulah perburuan manusia.
Tingkat reproduksi duyung dikatakan rendah karena dalam jangka waktu 7 tahun, dengan masa kehamilan 13 bulan, duyung betina hanya melahirkan 1 ekor bayi duyung. Sehingga jumlah duyung tidak bisa dikatakan berlimpah.

Jumlah duyung semakin sedikit apalagi dengan adanya perburuan liar. Perburuan ini tidak hanya mengincar daging duyung saja karena banyak orang yang menganggap lezat. Tetapi, taring duyung pun menjadi incara

Sementara, Apalagi dengan perburuan liar dengan tujuan untuk mengambil daging duyung karena banyak yang menganggap daging duyung sangat lezat.
Tidak hanya dagingnya, taring duyung pun menjadi incaran untuk diburu. Karena, taring duyung dapat dibuat sebagai pipa rokok. Dan, sebagian orang lainnya memercayai bahwa minyak duyung berkhasiat untuk obat TBC dan nyeri persendian.

Rate this article!