SIMON : Smartphone Pertama di Dunia

Simon adalah nama yang umum di dunia Barat dan biasanya dipergunakan untuk laki-laki. Tetapi, SIMON yang ini berbeda. Ia dipergunakan oleh baik pria atau wanita karena merupakan nama panggilan untuk IBM Simon Personal Communicator (Alat Komunikasi Personal dari IBM).

Ya, SIMON ini adalah nama dari smartphone pertama di dunia. Kehadirannya dilakukan di Florida’s Wirelss World Conference di tahun 1993. Yang meluncurkannya adalah perusahaan telekomunikasi BellSouth Cellular bekerja sama dengan raksasa komputer masa itu IBM (Internationa Business Machine)

Kemampuan SIMON pada saat itu adalah lebih daripada sekedar untuk komunikasi suara seperti ponsel pertama di dunia yang lahir 10 tahun sebelumnya. Benda ini sudah bisa mengirimkan email, menjadi pager/penyeranta, memiliki fitur kalendar., dan alat untuk membuat jadwal meeting.

Beratnya hanya sedikit lebih dari 1/2 kilogram.

Tentu saja dibandingkan dengan smartphone di masa kini teknologi dan fiturnya tertinggal jauh sekali. Tetapi, pada saat itu SIMON adalah penemuan yang luar biasa. Apalagi perangkat ini juga sudah memeiliki layar sentuh LCD. Jadi memang benar-benar merupakan nenek moyang smartphone yang ada di tangan Anda sekarang.

Simon hanya dibuat sebanyak 2000 unit dan dijual saat itu dengan harga US$ 899 per buah sehingga menjadi buruan para kolektor di masa sekarang.

Kalau Anda sedang melihat smartphone saat membaca tulisan ini, ingatlah nenek moyangnya yang bentuknya seperti pada awal artikel ini.

Rate this article!
Tags: