Smartphone Dan Tablet Bisa Mengandung Lebih Banyak Bibit Penyakit Dari Toilet

Sebuah pernyataan yang mencengangkan bahwa smartphone, tablet, dan keyboard komputer bisa lebih banyak mengandung bibit penyakit daripada toilet.

Tetapi, begitulah sebuah hasil penelitian yang dilansir oleh Telegraph Online.

Dalam tulisannya disebutkan bahwa dari 30 buah gadget, smartphone, tablets dan iPad yang diambil sampelnya, satu diantaranya mengandung 600 Staphylococcus aureus, bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Padahal, jumlah bakteri yang sama di rata-rata toilet kantor hanyalah 20 saja.

Dalam penelitian yang sama ditemukan smartphone dan keyboard komputer terkotor ditemukan 140 dan 480 bakteri.

Hal ini diduga disebabkan oleh kebiasaan masyarakat masa kini yang tergila-gila pada gadget dan smartphone. Mereka seakan tidak bisa lepas dari benda-benda tersebut dan terus membawanya dalam berbagai kesempatan, termasuk saat makan dan bahkan buang air besar.

Ditambah dengan kebiasaan mencuci tangan yang tidak bersih, semua menyebabkan terjadinya transfer bakteri ke benda-benda yang dibawanya. Kotoran makanan yang terselip pada keyboard komputer atau menempel pada layar smartphone akan membusuk dan juga menjadi sarang bakteri.

Jadi, kalau tidak mau smartphone atau keyboard komputer Anda menjadi sarang bibit penyakit, lakukanlah kebiasaan ini.

  1. Membersihkan keyboard komputer di kantor secara rutin dengan membalikkannya sehingga kotoran yang terselip akan turun.
  2. Rutin membersihkan layar smartphone atau gadget lainnya
  3. Mencuci tangan dengan benar dan menggunakan sabun setelah makan atau buang air sehingga tidak terjadi transfer bibit penyakit
  4. Kalau memang memungkinkan gunakan alkohol saat membersihkan untuk mematikan bibit penyakit. Kalau tidak, carilah cara dan jangan hanya mengandalkan pada mengelapnya pada kain kering atau baju saja.

Yuk, jaga kebersihan gadget kita.

Tags: