Tanaman Obat Untuk Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut?..Hmmm..Bikin ga pede..:-D..Apalagi, saat kita berbicara dengan orang lain, lalu lawan bicara kita memalingkan muka sambil menutup hidungnya. Atau, pada satu saat ketika sampai ke telinga bahwa kita mendapat julukan ‘Si Napas Naga’. Haduuhhhhhhhhhhhhh 😀 Karena, biasanya, si penderita bau mulut tidak menyadarinya. Namun, jangan resah dan gundah. Karena, ada banyak cara untuk mengatasi bau mulut, dan salah satunya adalah dengan tanaman obat yang ada di sekitar kita.

Bau mulut terjadi biasanya karena radang gusi, gigi berlubang, sariawan, serta adanya gangguan sistem pencernaan di lambung. Bau mulut, tentu saja sangat mengganggu penampilan seseorang dalam pergaulan.

Untuk mengurangi bau mulut bisa dilakukan selain dengan rajin menyikat gigi, berkumur dengan obat kumur antiseptik, juga dengan mengonsumsi tanaman obat yang beraroma khas. Di antaranya, yaitu dengan menggunakan daun sirih dan temulawak.

Resep I untuk mengatasi bau mulut :

Bahan : daun sirih

Cara pemakaian :

  • seduh daun sirih segar sebanyak 2-4 lembar dengan satu gelas air panas
  • setelah hangat, gunakan air seduhan itu untuk berkumur dan langsung diminum
  • lakukan berkumur sesering mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Di dalam pengobatan, daun sirih berfungsi sebagai antiseptik dan beraroma khas sehingga efektif untuk mengatasi bau mulut.

Resep II untuk mengatasi bau mulut :

Bahan : temulawak

Cara pemakaian :

  • ambil rimpang temulawak yang masih segar sebesar kepalan tangan
  • cuci bersih, lalu iris-iris tipis rimpang
  • rebus irisan rimpang dengan 3 (tiga) gelas air dalam kuali/kendi tanah sampai mendidih
  • biarkan hingga air tersisa separuh bagian (1,5 gelas), dinginkan
  • minum sebanyak 3 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas

Jika masalah bau mulut karena terkena sariawan atau gangguan sistem pencernaan, mengatasinya dengan cara mengonsumsi temulawak akan sangat membantu sekali. Karena, tanaman obat ini memiki khasiat sebagai antibakteri, antijamur, juga dapat memperbaiki gangguan sistem pencernaan.

 

***

Dengan rajin menyikat gigi, berkumur dengan obat kumur antiseptik, mengangkat kotoran dan bakteri pada lidah, perbanyak minum air putih, dan berhenti merokok dapat menghindari kita dari masalah bau mulut.

 

 

 

Tags: