Teknik Berhitung Dengan Cara Mencari Pasangan Angka Yang Berjumlah 10 Terlebih Dahulu

Jurus mencari pasangan angka yang berjumlah 10 terlebih dahulu merupakan salah satu cara berhitung tanpa kita perlu menggunakan kalkulator atau alat hitung lainnya. Sehingga, kita dapat menghitung di luar kepala/dengan ingatan saja/mencongak. Teknik berhitung seperti ini juga dapat mempermudah dan mempercepat dalam menyelesaikan soal-soal hitungan. Berikut di bawah ini secara singkat penjelasan tentang langkah-langkah sederhana menggunakan teknik berhitung dengan cara mencari pasangan angka yang berjumlah 10 terlebih dahulu.

teknik berhitung dengan mencari angka yang berjulah 10 terlebih dahulu

gambar diambil dari www.pixabay.com

Teknik berhitung dengan cara mencari pasangan angka yang berjumlah 10 terlebih dahulu

Bagaimana menggunakan teknik berhitung dengan jurus ini? Ketika menjumlahkan, coba perhatikan gabungan angka yang berjumlah 10 terlebih dahulu, meskipun angka tersebut tidak berurutan. Pasangan angka-angka yang berjumlah 10, antara lain 1+9; 2+8; 3+7; 4+6; 5+5.  Di bawah ini contoh soal beserta langkah-langkah penyelesaiannya.

Soal :

Ani membeli beberapa permen. Permen itu terdiri atas 7 permen rasa cokelat, 3 permen rasa stroberi, 9 permen rasa jeruk, dan 1 permen karet. Berapa banyak permen yang dibeli oleh Ani?

Penyelesaian : 7 + 3 + 9 + 1

7

3

9

1

  • Langkah 1 : perhatikan angka 7 dan 3, serta pikirkan angka ’10’
  • Langkah 2 : perhatikan angka 9 dan 1, serta pikirkan angka ’20’

Jawab : 20 buah

Mudah, bukan? Tanpa kalkulator atau kertas pun kita langsung dengan cepat dapat menjawabnya.

Yuk, kita coba soal lain lagi!

Soal :

7 + 5 + 3 + 9 + 5

Penyelesaian :

8

6

2

9

4

  • perhatikan angka 8, kemudian melompat ke angka 2 dan pikirkan angka 10
  • selanjutnya, perhatikan angka 6, kemudian melompat ke angka 4 dan pikirkan angka 20
  • terakhir,  perhatikan angka 9, dan pikirkan angka 29

Jawab : 29

Nah, memang mudah, kan? Ada banyak jurus untuk menjumlahkan dengan mencari pasangan angka yang berjumlah 10 terlebih dahulu, salah satunya seperti contoh di atas. Kita memerhatikan terlebih dahulu pasangan angka yang sama dengan 10. Dengan cepat, kita jadi berpikir tentang 8+2, begitu juga dengan 6+4. Selanjutnya, kita berpikir tentang angka 10, 20, dan 9. Jangan melompat terlalu banyak, karena kita akan lupa dan kehilangan satu bilangan dalam hitungan.

Mudah-mudahan, teknik berhitung dengan cara mencari pasangan angka yang berjumlah 10 terlebih dahulu ini dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^

Tags: