Ternyata, Induk Panda Itu Pilih Kasih, Lho!

Hewan satu ini memang sangat lucu dan menggemaskan. Meski berbadan besar tetapi tetapi tetap berkesan imut dan lucu. 😀 Binatang seperti beruang berwarna putih dan hitam, merupakan ciri khas negara Tiongkok. Yup, Panda! Panda memang termasuk binatang kesukaan masyarakat. Selain karena memang tampak seperti boneka beruang yang hidup, juga terlihat sebagai hewan manis dan cinta damai. Kita sering melihat (secara langsung maupun tidak) anak-anak panda yang sedang bermain bersama. Tampak akrab, lucu, dan menggemaskan, bukan? Tetapi, siapa sangka? Ternyata, induk panda itu pilih kasih, lho! Kenapa induk panda pilih kasih? Di bawah ini sedikit penjelasan tentang alasan mengapa sang induk menjadi pilih kasih. 😀

ternyata induk panda itu pilih kasih, lho!

gambar diambil dari www.pixabay.com

Ternyata, induk panda itu pilih kasih, lho!

Ketika memiliki anak lebih dari satu, induk panda hanya akan memelihara satu anaknya saja. Sementara, anak yang lain akan ia tinggalkan atau dibiarkan begitu saja di alam liar. Sementara, anak panda yang dipeliharanya akan tumbuh sehat dengan asupan makanan yang cukup. Anak lainnya, yang tidak dipelihara biasanya akan kurus kering dan menderita.

Mengapa induk panda pilih kasih?

Induk panda memang tidak mungkin menyediakan makanan untuk beberapa anak sekaligus. Untuk memelihara satu anak saja, sang induk membutuhkan waktu antara 8-9 bulan. Setelah itu, anak panda baru bisa mencari makan sendiri. Jadi, anak panda yang kebetulan tidak dipelihara oleh induknya harus dapat bertahan hidup sendiri, atau mati.

Waktu yang dibutuhkan panda untuk makan

Kita sering melihat langsung atau di gambar atau di tayangan televisi, panda yang sedang berbaring santai sambil makan bambu. Meski tergolong karnivora, tetapi makanan panda seperti herbivora. Sebagian besar makanan mereka adalah tetumbuhan, meski bisa dibilang hanya bambu saja.

Karena makanan mereka keras, seekor panda bisa dikatakan menghabiskan waktunya (kecuali tidur) hanya untuk makan. Seekor panda dewasa akan makan bambu sekitar 30 kilogram dalam satu hari. Itu merupakan 1/4 dari berat tubuh seekor panda yang rata-rata mencapai 120 kg. Mengapa panda makan sangat banyak? Karena, bambu hanya memiliki sedikit nutrisi.

Yup, itulah penjelasan singkat alasan mengapa induk panda pilih kasih? Mudah-mudahan, penjelasan singkat ini dapat membantu dan memberikan manfaat.^_^

Tags: