Tidak Bisa dan Belum Bisa itu Berbeda Jauh Dalam Makna

Terlihat sama. Banyak orang juga akan menganggapnya sama. Tetapi, sebenarnya TIDAK BISA dan BELUM BISA itu berbeda dalam makna. Tidak pernah sama.

Mungkin Anda akan terheran, toh sama-sama mengindikasikan ketidakmampuan seseorang untuk melakukan sesuatu.

Betul sekali, pada saat diucapkan kedua frase itu akan berarti ketidakmampuan untuk melakukan sesuatu, tetapi…

TIDAK BISA memiliki makna bahwa yang mengatakan tidak berniat untuk mencoba, tidak ingin untuk belajar menjadi biasa. Tidak bisa ya tidak bisa.

BELUM BISA sangat bertentangan, memang saat berbicara seseorang masih tidak mampu untuk melakukannya, tetapi didalamnya terkandung niat untuk belajar, berusaha mengerti, dan mau untuk menjadi mampu.

Terlihat sederhana, memang, tetapi disini terletak perbedaan yang jauh sekali jaraknya. Kemauan untuk belajar dan berusaha.

Semua orang pada dasarnya tidak tahu apa-apa. Seorang bayi tidak bisa makan sendiri, tetapi kemudian ia belajar dan pada akhirnya suatu waktu ia akan mampu untuk makan sendiri. Seorang montir ahli sekalipun akan diawali dengan ketidakmampuan yang kemudian dipecahkannya dengan cara belajar hingga akhirnya ia menjadi seorang yang ahli di bidangnya.

Tidak ada yang tidak bisa dipelajari, selama ada niat dan semangat untuk belajar. Tetapi, tidak akan pernah ada kemampuan ketika niat atau semangat untuk belajar tidak ada.

Jadi, Kawan Pojok. Sebisa mungkin jangan pernah berkata TIDAK BISA, katakanlah BELUM BISA. Karena sebagai manusia sudah kodratnya untuk terus belajar.

Tags: