Tips Memilih Komputer Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Membeli komputer itu terlihat mudah, tetapi bisa jadi menjebak. Dengan begitu banyak jenis barang yang tersedia dan iklan yang begitu gencar, banyak calon pembeli yang mengalami kesulitan dalam memilih komputer yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Godaannya begitu banyak, karena setiap penjual dan iklan pasti akan menonjolkan produk mereka dengan cara-cara yang sangat memikat. Hasilnya, tidak jarang pembeli dengan “sukarela” terpaksa membeli sesuatu yang sebenarnya tidak diperlukan olehnya.

Seringkali seseorang yang niat awalnya membeli desktop untuk sekedar membuat laporan atau tugas sekolah anak, pulang dengan membawa notebook model terbaru berharga 3 kali lipat dari budget yang tersedia.

Untuk menghindari hal-hal seperti itu, yang tentunya akan menguras dompet, calon pembeli komputer harus jeli dan mempersiapkan beberapa hal di bawah ini :

Budget (Anggaran)

Tetapkan dulu anggaran yang tersedia. Lima juta, sepuluh juta, atau berapapun yang dianggarkan, bahkan sebelum memilih komputer.

Dengan begitu ada batasan dari dana yang bisa dipergunakan.

Lakukan Penelitian dan Perbandingan

Dengan internet yang sudah sedemikian tersedia, pergunakan untuk mencari harga yang mendekati budget yang tersedia. Beberapa website seperti Bhinneka.com atau Lazada.com bisa menjadi tempat untuk meneliti harga.

Tidak berarti harus membeli via web-web tersebut tetapi cukup untuk mendapatkan informasi harga pasaran.

Jangan terpengaruh spesifikasi, pusatkan pada kebutuhan

iCore 5, i Core 7 adalah nama-nama keren yang akan selalu bersliweran jika Anda mencari sebuah komputer atau notebook. Mau tidak mau ini adalah nama-nama prosesor. Belum lagi tentang VGA, Memory dan seterusnya.

Biasanya penjual akan memberitahukan ini yang terbaru dan sebagainya untuk memancing minat. Abaikan saja.

Jika tujuan Anda membeli komputer hanya sekedar untuk menulis, atau browsing internet, atau mendengarkan musik, sebenarnya istilah-istilah ini tidak terlalu penting untuk diperhatikan.

Mengetik dengan sebuah komputer dengan prosesor Pentium 4 atau iCore 3 atau iCore 5, bahkan iCore 7 sendiri hanpir tidak akan terasa bedanya. Mau memory 2 GB atau 1 GB sekalipun juga tidak berbeda banyak.

Jadi, pilih saja yang spek terendah dengan begini harganya pun tidak terlalu tinggi dan bisa masuk budget.

Beli Notebook atau Desktop?

Ada banyak keunggulan desktop dibandingkan Notebook. Begitu juga sebaliknya. Masing-masing memiliki kekuatan dan kekurangan. Jadi, pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tetapi kalau boleh disarankan, Notebook sangat cocok dengan zaman sekarang karena mobile, bisa dibawa bawa dan juga ringkas tidak memakan tempat. Harganya pun sudah tidak berselisih jauh dengan desktop dewasa ini.

Apalagi, meskipun sedikit, notebook memerlukan daya listrik yang lebih kecil yang berarti bisa mengirit listrik di rumah.

Perhatikan tempat di rumah

Rumah tipe BTN 36 Meter persegi tentunya bukan tempat yang cocok untuk sebuah desktop dengan layar 32 inci.

Hal ini harus juga diperhatikan walau tentunya layar monitor yang besar akan membuat mata lebih enak untuk melihatnya, tetapi, kemungkinan tersenggol dalam ruangan yang sempit justru berbahaya.

Sesuaikan dengan tempat yang tersedia di rumah.

Sesuaikan dengan kebutuhan mata

Jangan karena bentuknya mungil dan bisa dimasukkan ke dalam tas, notebook dengan layar 10 inci dibeli. Memang netbook atau notebook dengan ukuran kecil seperti ini sangat ringkas dan enak untuk dibawa-bawa.

Sayangnya, bagi Anda yang memiliki masalah di mata seperti minus, plus, atau silinder, layar kecil seperti ini bisa sangat menyiksa.

Memilih komputer yang sesuai dengan kebutuhan itu mudah, tetapi tantangannya adalah menghadapi godaan dan bujuk rayu para penjual, dan tentu saja keinginan agar terlihat keren dan sadar teknologi. Tetapi, hal itu bisa berakibat pada pembelian di luar budget dan sesuatu yang tidak pernah terpakai.

Jadi, pilih komputer sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tags: